Dealer Ford Terbesar se-Asia Tenggara Kini Jualan Honda

0
47
Dealer ini pernah diklaim sebagai dealer Ford terbesar se-Asia Tenggara. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)

Sejak dihempas badai kepergian Ford dari Indonesia pada 2016 lalu, mantan pebisnis dealer Ford mulai move on. Salah satunya yaitu Grup Nusantara yang sampai saat ini sudah mengalihkan sebagian mantan dealer Ford ke Honda.

Dealer pertama Honda dari Grup Nusantara berada di kawasan MT Haryono Jakarta Selatan dan telah diresmikan pada Juli lalu. Paling terkini, Grup Nusantara baru saja meresmikan dealer Honda Nusantara Bekasi, pada Rabu (10/10).

Honda Nusantara Bekasi menggunakan lahan bekas dealer Nusantara Ford Bekasi. Saat diresmikan pada tahun 2013 lalu, dealer Nusantara Ford Bekasi pernah diklaim sebagai dealer ford terbesar se-Asia Tenggara.


Presiden Direktur Grup Nusantara Joe Ferry menjelaskan saat ini perusahaan sudah mendirikan empat dealer Honda. Selain di MT Haryono dan Bekasi, dua dealer Honda lainnya berada di Balikpapan dan Samarinda.

“Sebelumnya kita semua tahu Ford sudah meninggalkan Indonesia. Pasti kita harus ganti bisnis usaha yang baru,” kata Ferry saat dijumpai wartawan di peresmian dealer Honda Nusantara Bekasi.

Menurut Ferry, Grup Nusantara tadinya punya setidaknya 10 dealer Ford. Dia berharap semua mantan dealer Ford itu beralih ke Honda.

“Kami lagi usahakan semuanya kita konversi ke honda. Lagi kami upayakan,” sebut Ferry.

Berdasarkan pengalaman dengan Ford, Ferry menjelaskan pihaknya berhati-hati memilih mitra. Honda dipilih sebab dikatakan sudah eksis dan punya hal fundamental seperti pabrik di dalam negeri.

Ford Jualan Lagi di Indonesia

Informasi yang didapat CNNIndonesia.com, RMA Indonesia sebagai pemegang bisnis purna jual Ford setelah kepergian Ford Motor Indonesia, ingin kembali menjual kendaraan Ford pada tahun ini.

Rumor beredar bahwa RMA Indonesia ingin mulai menjual Ranger secara fleet pada pertengahan tahun ini. Kabar selanjutnya ditunda hingga Oktober, lalu informasi lain mengatakan ditunda lagi sampai tahun depan.

Mantan dealer Ford yang lain, Auto Kencana Group, sudah menyampaikan menyediakan dua dealer untuk kembali menjual Ranger. Namun masih menunggu kepastian dari RMA Indonesia.

Ferry menolak berkomentar soal upaya RMA Indonesia ingin menjual kendaraan Ford di dalam negeri.

“Saya no comment. Soalnya saya belum dapat apa-apa dan di luar kapasitas saya sebagai dealer Honda hari ini,” ucap Ferry yang terkesan menutupi rencana Grup Nusantara ke depan.