Film-film Studio Ghibli Segera Tayang di HBO Max

0
746

WarnerMedia melalui HBO Max dikabarkan telah membeli hak streaming seluruh film yang pernah diproduksi oleh Studio Ghibli untuk wilayah Amerika Serikat. Seluruh film buatan studio animasi asal Jepang ini segera dapat dinikmati sejak musim semi 2020 mendatang secara daring.

Dilansir dari Variety, pihak studio mengatakan bahwa mereka senang dengan kerja sama ini. Dengan demikian, film-film Ghibli dapat dinikmati oleh para penggemar di AS.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan HBO Max untuk membawa koleksi lengkap Studio Ghibli ke penonton di AS. Sebagai merek konten premium, HBO Max adalah rumah ideal untuk film-film kami,” kata Koji Hoshino selaku petinggi Studio Ghibli.

“Saat peluncuran layanan pada musim semi ini, penggemar Ghibli dapat menikmati [film] kesukaan mereka dan melihat lebih jauh koleksi kami, sementara pemirsa baru bisa menemukan kami untuk pertama kalinya,” lanjutnya.

Keputusan Ghibli untuk bekerja sama dengan HBO Max ini mengagetkan sebagian penggemar. Sebelum ini, salah satu pendiri Ghibli sekaligus animator senior Hayao Miyazaki kerap mengekspresikan sikap dingin tentang peluang film-filmnya masuk ke pasar AS.

Studio Ghibli sendiri merupakan studio animasi asal Jepang yang didirikan pada tahun 1985. Studio ini terkenal dengan produksi animasi yang mendunia. Beberapa di antaranya adalah Spirited AwayMy Neighbor TotoroPrincess MononokeHowl’s Moving CastleKiki’s Delivery ServicePonyo, dan Castle in the Sky.

Spirited Away merupakan animasi paling sukses di Jepang, mengalahkan kepopuleran film Titanic. Film ini juga menjadi animasi pertama yang digambar secara manual serta tidak menggunakan bahasa Inggris. Spirited Away memenangkan pengharagaan Animasi Terbaik di Academy Awards ke-75.

Sebelumnya film-film dari Studio Ghibli hanya dapat dinikmati melalui bioskop, DVD, dan Blu-ray saja.

Sumber : CNN [dot] COM