AS Tidak Akan Memperpanjang Batas Waktu Divestasi TikTok, Pembicaraan Akan Dilanjutkan

0
530

Pemerintahan Trump telah memilih untuk tidak memperpanjang lagi perintah yang membutuhkan ByteDance, sebuah perusahaan China, untuk mendivestasi aset TikTok di AS, tetapi pembicaraan akan berlanjut mengenai nasib aplikasi berbagi video tersebut, dua sumber menjelaskan tentang masalah tersebut.

Seorang perwakilan Departemen Keuangan mengatakan Jumat malam bahwa Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS) “terlibat dengan ByteDance untuk menyelesaikan divestasi dan langkah lain yang diperlukan untuk menyelesaikan risiko keamanan nasional.”

Minggu lalu, CFIUS memberi ByteDance induk TikTok perpanjangan satu minggu hingga Jumat untuk melepaskan aset TikTok di AS.

Perintah Presiden Donald Trump pada bulan Agustus memberi Departemen Kehakiman kekuatan untuk menegakkan perintah divestasi setelah tenggat waktu berakhir, tetapi tidak jelas kapan atau bagaimana pemerintah mungkin berusaha untuk memaksa divestasi.

Keputusan Trump

Trump secara pribadi memutuskan untuk tidak menyetujui perpanjangan tambahan pada pertemuan pejabat senior AS, menurut seseorang yang diberi pengarahan pada pertemuan tersebut. Pemerintah sebelumnya telah mengeluarkan perpanjangan 15 hari dan tujuh hari dari tenggat waktu awal 90 hari, yaitu 12 November, atas perintah Trump.

Departemen Kehakiman tidak segera menanggapi permintaan komentar, sedangkan Gedung Putih tidak berkomentar. TikTok menolak berkomentar.

Administrasi Trump berpendapat TikTok menimbulkan masalah keamanan nasional karena data pribadi pengguna AS dapat diperoleh oleh pemerintah China. TikTok, yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna AS, membantah tuduhan tersebut.

Di bawah tekanan dari pemerintah AS, ByteDance telah melakukan pembicaraan selama berbulan-bulan untuk menyelesaikan kesepakatan dengan Walmart Inc. dan Oracle Corp. untuk mengalihkan aset TikTok AS menjadi entitas baru yang bertujuan untuk memenuhi pesanan divestasi.

ByteDance membuat proposal baru yang ditujukan untuk mengatasi kekhawatiran pemerintah AS, Reuters melaporkan minggu lalu.

ByteDance membuat proposal setelah mengungkapkan pada 10 November bahwa mereka telah menyerahkan empat proposal sebelumnya, termasuk satu pada November, yang berusaha untuk mengatasi masalah AS dengan “membuat entitas baru, yang sepenuhnya dimiliki oleh Oracle, Walmart dan investor AS yang ada di ByteDance, yang akan menjadi bertanggung jawab untuk menangani data pengguna TikTok AS dan moderasi konten. ”

Kesepakatan awal

Pada bulan September, TikTok mengumumkan bahwa mereka memiliki kesepakatan awal untuk Walmart dan Oracle untuk mengambil alih saham di perusahaan baru untuk mengawasi operasi AS. Trump mengatakan kesepakatan itu mendapat restunya.

Pada 11 November, ByteDance mengajukan petisi ke pengadilan banding AS yang menentang perintah divestasi dan mengatakan pihaknya berencana untuk mengajukan permintaan “untuk tetap menegakkan perintah divestasi hanya jika diskusi menemui jalan buntu dan pemerintah mengindikasikan niat untuk mengambil tindakan untuk menegakkannya. pesanan. ”

ByteDance mengatakan perintah Trump berusaha “untuk memaksa divestasi grosir TikTok, bisnis bernilai miliaran dolar yang dibangun di atas teknologi yang dikembangkan oleh” ByteDance, “berdasarkan tinjauan keamanan nasional yang diklaim pemerintah atas transaksi 3 tahun yang melibatkan bisnis berbeda. . ”

Pemerintahan Trump telah terhalang dalam upayanya untuk membatasi TikTok di Amerika Serikat.

Seorang hakim federal di Washington pada 27 September memblokir larangan Apple Inc. dan Alphabet Google menawarkan TikTok untuk diunduh di toko aplikasi AS, sementara hakim lain pada 30 Oktober memblokir pembatasan pemerintah yang dijadwalkan mulai berlaku 12 November yang menurut ByteDance akan secara efektif melarang TikTok dari operasi di Amerika Serikat.

Pengadilan banding A.S. akan mendengarkan argumen tentang larangan toko aplikasi pada 14 Desember.