Ribuan Orang Ikuti Festival Musik, Abaikan Aturan Lockdown di Prancis

0
617

Ribuan orang berkumpul di Prancis pada hari Minggu (21/06) waktu setempat untuk merayakan festival musik tahunan, dan mengabaikan aturan lockdown virus corona. Sementara Spanyol, pada hari yang sama, mencabut keadaan darurat dan membuka perbatasan bagi pengunjung dari hampir semua negara Eropa, tanpa harus melakukan karantina.

Para pengunjung mengabaikan aturan jarak sosial dan menari di jalan-jalan dalam Fête de la Musique, yang dikenal juga sebagai Music Day.

Polisi bentrok dengan beberapa orang yang bersuka ria di Paris dan dengan demonstran di Nantes, termasuk menggunakan gas air mata terhadap para pengunjuk rasa.

Unggahan foto dari perayaan itu menuai kritik tajam.

Prancis telah melonggarkan banyak hal dari pembatasan atau lockdown virus corona. Presiden Emmanuel Macron menyatakan “kemenangan pertama” atas virus awal bulan ini, dan pada hari Senin (22/06) sekolah dibuka kembali untuk semua murid di bawah usia 15 tahun.

Tetapi ada kekhawatiran pemerintah terlalu cepat menghentikan lockdown. Prancis telah mengkonfirmasi 160.377 kasus virus dan 29.640 kematian – negara dengan jumlah kematian tertinggi kelima di dunia.

Apa yang ditentang warga Prancis?

Jutaan orang Prancis biasanya turun ke jalan untuk acara tahunan, merayakannya di acara resmi dan juga dengan konser dadakan.

Menteri Kesehatan Olivier Véran meminta warga untuk “terus menghormati [tindakan menjaga jarak sosial] dalam segala kondisi, untuk melindungi diri sendiri dan orang yang Anda cintai”.

Tapi foto yang diunggah menunjukkan ribuan jalan di kota-kota di seluruh negeri – termasuk di Canal Saint Martin dan distrik Marais di Paris – mengabaikan aturan jarak dan sebagian besar berpesta tanpa masker. Aturan saat ini melarang pertemuan publik lebih dari 10 orang.

Orang-orang menikmati perayaan sampai larut malam hingga Senin dini hari. Di Les Invalides di Paris polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Akhirnya, tujuh orang ditangkap di ibu kota.

Di Prancis orang-orang seharusnya menjaga jarak satu meter satu sama lain di tempat umum, menggunakan masker saat naik semua jenis transportasi umum dan pertemuan lebih dari 5.000 orang tidak akan diizinkan sampai 31 Agustus.

Di Nantes, ada juga demonstrasi untuk mengenang Steve Maia Caniço, seorang anak berusia 24 tahun yang tenggelam di sungai saat festival tahun lalu, menyusul serangan polisi dalam acara konser gratis.

Ribuan orang berjalan melewati kota dan akhirnya bentrok dengan petugas.

Banyak yang mengkritik peristiwa itu di media sosial, takut pertemuan massal itu dapat menyebabkan lonjakan penularan Covid-19 berikutnya.

“Saya mengerti bahwa Fête de la Musique membebaskan, tetapi tidak bisakah kita menghindarinya tahun ini?” tanya Dr Gilbert Deray dari rumah sakit La Pitié-Salpêtrière Paris, dengan mengatakan hal itu akan menjadi “bencana” jika wabah kembali terjadi.

Keriuhan ini terjadi ketika Prancis bersiap untuk mencabut larangan lebih lanjut untuk mengatasi pandemi.

Pada hari Senin, semua anak berusia hingga 15 tahun wajib kembali ke sekolah. Menteri Pendidikan Prancis Jean-Michel Blanquer mengucapkan terima kasih kepada staf sekolah karena memastikan anak-anak akhirnya dapat kembali ke kelas.

Para pelajar di negara itu sudah menghabiskan sekitar tiga bulan belajar di rumah.

Bioskop juga dibuka kembali di seluruh negeri – meskipun dengan pembatasan ketat.

Pihak berwenang mengatakan setiap peserta harus memiliki kursi kosong di kedua sisi mereka dan harus mengenakan masker, dan tidak ada bioskop yang bisa menerima penonton lebih dari separuh kapasitas.

Stadion juga diperkenankan dibuka kembali untuk aktivitas olahraga.