WhatsApp Diancam Bom Teks, Rusak Ponsel Android-iOS

0
532

Pengguna WhatsApp di dunia melaporkan rentetan chat (bom teks) berisi kode yang menyebabkan masalah atau crash bagi pengguna Android maupun iOS. Chat berkode khusus berisi rangkaian karakter aneh yang terlihat seolah random menyebabkan aplikasi WhatsApp terus menerus crash.

Selain kode melalui chat, vCard (kartu kontak virtual) di WhatsApp juga dapat digunakan untuk menyebabkan crash. Korban harus menghapus dan menginstal ulang WhatsApp, yang berarti berpotensi kehilangan riwayat chat.

 

Image
Source : Twitter (Android Codes)
Image
Source : Twitter ( IOS Codes)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kode berbahaya ini banyak dibagikan di forum online WABetaInfo. Pengguna WhatsApp disarankan untuk tidak mengirimkan chat berisi kode itu ke teman, keluarga, atau kontak lain, meski mengirimnya sebagai bahan lelucon.

Pakar privasi digital di ProPrivacy, Ray Walsh mengatakan fenomena tersebut sangat memprihatinkan karena banyaknya pengguna WhatsApp secara global, yang setidaknya berjumlah sekitar 1,5 miliar.

“Setelah pesan diterima, aplikasi akan macet, dan bahkan menutup dan memulai ulang aplikasi tidak akan memperbaiki masalah. Serangkaian pesan bom teks saat ini tampaknya berasal dari Brasil, namun sekarang menyebar secara global,” kata Walsh.

Dilansir dari India Today, pelacak fitur WhatsApp melaporkan bahwa banyak grup WhatsApp sedang dioperasikan untuk mengirimkan kode crash itu. Hal ini membuat pengguna takut jenis pesan yang dirancang untuk merusak platform tertentu. Saat pesan-pesan ini diakses, itu membuat aplikasi tidak berfungsi.

Cara Menangkal Bom Teks WhatsApp

Dilansir dari Tech Radar, ada beberapa langkah untuk menangkal kode dalam bom teks ini.

Meskipun ini bukan bentuk keamanan yang dijamin, sebaiknya batasi siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup karena ini akan membantu mengurangi risiko terekspos ke orang asing yang mungkin berbagi pesan atau vCard yang berisi kode.

Buka pengaturan WhatsApp Anda, buka bagian ‘Privasi’ dan ubah pengaturan ‘Grup’ sehingga hanya kontak Anda yang dapat menambahkan Anda ke grup.

Namun, jika Anda menerima pesan berisi kode crash, Anda harus memblokir kontak tersebut dari WhatsApp Web. Anda juga disarankan untuk memblokir pengguna yang mengirimkan kode crash itu.

Tech Radars telah Facebook selaku perusahaan induk WhatsApp untuk memberikan komentar. Seorang juru bicara Facebook mengatakan WhatsApp mulai meluncurkan tambalan (patch) ke perangkat lunak iOS

“Kami sangat menganjurkan pengguna untuk tetap memperbarui sistem operasi. Aplikasi WhatsApp dan sistem operasi seluler selalu diperbarui dan pembaruan kapan pun tersedia,” ujar Facebook.

Sumber : CNN [dot] COM