10 Negara Bagian Menuntut Google atas Penjualan Iklan Online ‘Anti-Persaingan’

0
478

Sepuluh negara bagian pada Rabu mengajukan gugatan terhadap Google, menuduh raksasa pencarian itu “perilaku anti-persaingan” dalam industri periklanan online, termasuk kesepakatan untuk memanipulasi penjualan dengan saingannya Facebook.

Jaksa Agung Texas Ken Paxton mengumumkan gugatan tersebut, yang diajukan ke pengadilan federal di Texas, mengatakan Google menggunakan “kekuatan monopoli” untuk mengontrol harga iklan online, memperbaiki pasar dan menghilangkan persaingan.

“Perusahaan Goliath ini menggunakan kekuatannya untuk memanipulasi pasar, menghancurkan persaingan, dan merugikan Anda, konsumen,” kata Paxton dalam video yang diposting di Twitter.

Google, yang berbasis di Mountain View, California, menyebut klaim Paxton “tidak pantas” dan mengatakan harga iklan online telah turun selama dekade terakhir.

“Ini adalah ciri khas industri yang sangat kompetitif,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. “Kami akan sangat membela diri dari klaim tak berdasar (Paxton) di pengadilan.”

Paxton memimpin koalisi bipartisan dari 50 negara bagian dan teritori AS yang mengumumkan pada September 2019 bahwa mereka menyelidiki praktik bisnis Google, dengan alasan “potensi perilaku monopoli”.

Sekarang Texas membawa gugatan itu bersama dengan jaksa agung Republik lainnya dari Arkansas, Idaho, Indiana, Kentucky, Mississippi, Missouri, North Dakota, South Dakota dan Utah.

Keluhan tersebut menargetkan jantung bisnis Google – iklan digital yang menghasilkan hampir semua pendapatannya, serta semua uang yang diandalkan oleh induk perusahaannya, Alphabet Inc., untuk membantu mendanai berbagai proyek teknologi yang tersebar luas.

Karena semakin banyak pemasar meningkatkan pengeluaran mereka secara online, iklan digital tersebut telah mengubah Google menjadi mesin penghasil uang. Selama sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan iklan Google mencapai hampir $ 101 miliar, terhitung 86% dari total pendapatannya.

Dan sekarang negara bagian berpendapat bahwa Google bermaksud menggunakan cengkeramannya yang diduga pada iklan digital untuk menutup jalan lain dari potensi persaingan dan inovasi. Perusahaan tersebut membuat kesepakatan ilegal dengan Facebook, pesaing utama iklan, untuk memanipulasi lelang iklan, menurut keluhan tersebut. Facebook menolak berkomentar.

“Google menginginkan dominasi total, dan ambisi terbarunya adalah mengubah arsitektur internet yang bebas dan terbuka,” gugatan itu menuduh.

Pasar ‘Ad tech’

Di pasar “teknologi iklan” yang menyatukan Google dan dunia besar pengiklan dan penerbit online, perusahaan mengontrol akses ke pengiklan yang menempatkan iklan di platform pencarian dominannya. Google juga menjalankan proses lelang bagi pengiklan untuk memasukkan iklan ke situs penerbit. Sembilan dari produk Google di bidang penelusuran, video, seluler, email, pemetaan, dan area lainnya masing-masing diperkirakan memiliki lebih dari satu miliar pengguna, memberikan perusahaan sejumlah besar data pengguna yang dapat disebarkan dalam proses periklanan.

Pejabat Google mengatakan perusahaan berbagi sebagian besar pendapatan “teknologi iklan” dengan penerbit, seperti situs surat kabar. Seorang pejabat baru-baru ini menolak bahkan pernyataan bahwa Google dominan, dengan mengatakan bahwa dominasi pasar menunjukkan penyalahgunaan, yang asing bagi perusahaan.

Gugatan negara bagian itu muncul setelah Departemen Kehakiman AS menggugat Google pada Oktober karena menyalahgunakan dominasinya dalam pencarian dan periklanan online – upaya paling signifikan pemerintah untuk menopang persaingan sejak kasus bersejarahnya melawan Microsoft dua dekade lalu.

Secara terpisah, FBI sedang menyelidiki apakah Paxton, sekutu dekat Presiden Donald Trump, melanggar hukum dalam menggunakan kantornya untuk membantu donor kaya yang juga dalam penyelidikan federal. Musim gugur ini, delapan deputi utama jaksa agung menuduhnya melakukan penyuapan, penyalahgunaan jabatan, dan kejahatan lainnya dalam pelayanan pengembang real estat Austin yang mempekerjakan seorang wanita dengan siapa Paxton dikatakan melakukan perselingkuhan.

Kedelapan penuduh Paxton sejak itu telah dipecat atau mengundurkan diri, termasuk wakil jaksa agung yang memimpin penyelidikan kantor terhadap Google. Pengacara pengaduan pengadilan dengan firma swasta di Houston, Chicago dan Washington, D.C., sebagai pengacara utama dalam kasus ini.

Paxton mengumumkan gugatan tersebut seminggu setelah Mahkamah Agung AS menolak dorongan hukumnya untuk membatalkan kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden, sebuah kasus yang memicu spekulasi luas bahwa jaksa agung sedang mencari pengampunan terlebih dahulu dari Trump.