38 Negara Bagian Menuntut Google Atas Keluhan Antitrust

0
544

Tuntutan hukum terhadap Google Alphabet Inc. terus menumpuk.

Pada 17 Desember, 38 negara bagian mengajukan keluhan antitrust bersama yang menuduh raksasa teknologi itu memperluas monopoli pencariannya melalui speaker pintar, televisi, dan mobil, menurut Reuters. Ini adalah gugatan besar ketiga terhadap perusahaan.

Negara bagian berusaha melampirkan gugatan mereka dengan gugatan federal yang diumumkan oleh Departemen Kehakiman pada bulan Oktober, menurut kantor jaksa agung Colorado.

Kasus federal menuduh Google membuat kesepakatan dengan pembuat ponsel, termasuk Apple dan Samsung, untuk menjadikan Google mesin pencari default. Itu menuduh itu juga menggunakan sistem operasi Android untuk menekan pembuat perangkat untuk memuat aplikasi pencarian Google dan produk Google lainnya.

Pada 16 Desember, kasus lain diajukan oleh sekelompok negara bagian lain yang dipimpin oleh Texas. Kasus tersebut menuduh Google merugikan pesaing dengan melakukan “tindakan palsu, menipu, atau menyesatkan” dengan produk Google Ads miliknya.

Dalam kasus terbaru, negara bagian menuduh Google berusaha menggunakan perjanjian pengecualian untuk mendominasi penelusuran dan iklan penelusuran atas satu set perangkat baru seperti speaker pintar, yang diproduksi oleh Google.

Tuduhan terhadap Google

Menurut CNET, Google menyumbang sekitar 90% dari lalu lintas pencarian AS. Itu menghasilkan “hampir semua” dari $ 160 miliar penjualan tahunan perusahaan.

Perusahaan telah lama dituduh menutup pesaing dengan menggunakan dominasinya untuk mempromosikan produknya sendiri. Gugatan baru tersebut menuduh Google melakukan hal yang sama dengan perangkat yang lebih baru seperti asisten suara.

“Google mencegah pesaing di pasar asisten suara untuk menjangkau konsumen melalui mobil yang terhubung, yang merupakan cara penting akses internet dalam waktu dekat,” kata Jaksa Agung Iowa Tom Miller, menurut Reuters.

Google belum mengomentari gugatan tersebut.

Big Tech telah mendapat serangan yang meningkat dari Demokrat dan Republik. Selain kasus Google, Facebook Inc. juga menghadapi tuntutan hukum antitrust. Reuters mengatakan gugatan itu adalah “kasus antitrust terbesar dalam satu generasi.”