Asosiasi Iptek Cina Dorong Pengembangan Film Science Fiction

0
525

Konferensi Fiksi Ilmiah Cina yang ke-5 akan diselenggarakan di Beijing pada 1-2 November 2020. Asosiasi Ilmu dan Teknologi Cina (CAST), penyelenggara konferensi, mengatakan konferensi tahun ini akan fokus mendorong sektor film science fiction atau fiksi ilmiah di negara itu.

Pada Juli lalu, CAST mengeluarkan dokumen kesepakatan dengan Badan Film Cina, yang isinya menegaskan film sci-fi sebagai sebuah titik pertumbuhan penting. Mereka menyebutnya sebagai sebuah gaya dorong baru untuk pengembangan film Cina yang berkualitas tinggi.

Dokumen juga menyertakan langkah-langkah kebijakan yang akan diambil untuk memperkuat dukungan dan panduan produksi, distribusi, efek-efek khusus dan pelatihan kepada talenta film-film science fiction.

Implementasi dari langkah-langkah itulah yang akan menjadi topik utama dalam konferensi dua hari nanti. Menurut asosisasi, dalam konferensi nanti juga akan diagendakan peluncuran aliansi film fiksi ilmiah nasional.

Bergabung bersama asosiasi itu sebagai penyelenggara tahun ini adalah Pemerintah Beijing. Keduanya berkomitmen mengisi agenda kegiatan secara online maupun langsung di lokasi. Di antaranya adalah pembukaan, forum diskusi, dan pameran.