Pakar: Dakwaan AS Terbaru Dapat Mencegah Peretas Bergabung dengan Kampanye Anti-Amerika

0
431

Departemen Kehakiman AS telah mengumumkan dakwaan kriminal terhadap tiga pria Iran atas dugaan partisipasi mereka dalam pencurian identitas yang disponsori negara dan peretasan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran, sebuah organisasi teroris asing yang ditunjuk.

Pria-pria itu adalah semua penduduk dan warga negara Republik Islam Iran, kata pihak berwenang AS, Kamis dalam siaran pers. Para pejabat juga mengatakan orang-orang tersebut bersekongkol untuk menyusup ke jaringan perusahaan Amerika untuk mencari data komersial dan kekayaan intelektual.

Beberapa pengamat mengatakan langkah itu bisa menjadi langkah efektif oleh AS dalam kampanye yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pemerintah Iran.

“Tuduhan AS terhadap peretas ini akan membuat risikonya sangat tinggi bahkan jika mereka bekerja atas nama pemerintah Iran,” Mehdi Yahyanejad, seorang blogger Iran yang berbasis di AS dan pendiri situs berbagi berita Balatarin, mengatakan kepada VOA. “Ini akan menghalangi calon peretas lain yang mungkin mempertimbangkan untuk bekerja untuk pemerintah Iran.”

Kantor berita Reuters mengatakan upaya untuk menemukan informasi kontak untuk terdakwa Iran tidak segera berhasil dan bahwa pesan yang ditinggalkan dengan misi Iran ke PBB tidak dibalas.

Pencurian identitas

Kampanye peretasan menggunakan malware untuk mencoba mencuri identitas ribuan warga AS untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum dan mencuri informasi terkait dengan teknologi dirgantara dan satelit AS, kata pejabat AS dalam pernyataan tertulis yang mengumumkan dakwaan. Dikatakan juga bahwa kampanye peretasan diluncurkan pada Juli 2015 dan berlanjut hingga Februari 2019.

Menurut pemerintah AS, pada satu titik, para terdakwa memiliki daftar target sekitar 1.800 akun online, termasuk akun milik berbagai perusahaan dan organisasi, selain organisasi pemerintah internasional di Australia, Israel, Singapura, Amerika Serikat, dan Inggris.

Para pejabat mengatakan para terdakwa dituduh terlibat dalam upaya mengidentifikasi warga AS yang bekerja di bidang satelit dan kedirgantaraan dan yang identitasnya dapat dicuri oleh IRGC online. Peniruan identitas orang-orang itu memungkinkan terdakwa untuk mendaftarkan alamat email dan dengan curang membeli domain dan alat peretasan untuk digunakan dalam kampanye terkoordinasi, kata pemerintah AS.

Pejabat AS mengatakan persona online palsu dibuat sebelum para terdakwa mengirim email spearphishing khusus yang konon berasal dari individu yang identitasnya telah dicuri. Pesan-pesan tersebut, dengan tautan berbahaya yang tertanam di dalamnya, kemudian dikirim ke anggota masyarakat. Saat diklik, perangkat lunak perusak akan diunduh ke komputer penerima dan memberikan akses tidak sah ke perangkat dan jaringan mereka.

Pihak berwenang menuduh bahwa terdakwa, melalui metode ini, dapat menyusupi jaringan korban, mengakibatkan pencurian informasi komersial yang sensitif, kekayaan intelektual, dan data pribadi yang dipegang oleh perusahaan yang ditargetkan. Semua data kemudian diteruskan ke IRGC.

Surat perintah penangkapan

Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur Virginia telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Said Pourkarim Arabi, Mohammad Reza Espargham dan Mohammad Bayati.

Biaya termasuk persekongkolan untuk melakukan gangguan komputer, memperoleh informasi dengan akses tidak sah ke komputer yang dilindungi, kerusakan yang disengaja pada komputer yang dilindungi, pencurian identitas yang diperburuk, dan persekongkolan untuk melakukan penipuan.

Asisten Jaksa Agung AS untuk Keamanan Nasional John Demers menyebut kampanye tersebut sebagai “upaya lain oleh negara asing yang nakal untuk mencuri buah dari kerja keras dan keahlian negara ini”.

Menargetkan perbedaan pendapat

Berita dakwaan itu menyusul dakwaan pada Rabu terhadap dua warga Iran lainnya yang dituduh berpartisipasi dalam serangan serupa.

Kedua pria itu, Mehdi Farhadi dan Hooman Heidarian, menargetkan komputer di New Jersey dan di seluruh dunia untuk pencurian dan perusakan, kata Departemen Kehakiman dalam pernyataannya pada Rabu. Dikatakan peretasan termasuk contoh di mana terdakwa memperoleh informasi mengenai pembangkang Iran, aktivis hak asasi manusia dan pemimpin oposisi.

Terungkapnya serangan siber Iran terhadap tokoh-tokoh oposisi semakin menyoroti upaya rezim untuk membungkam diaspora Iran, menurut Jason Brodsky, direktur kebijakan untuk kelompok advokasi United Against Nuclear Iran yang berbasis di Washington.

“Penunjukan baru-baru ini menunjukkan ketakutan rezim yang meluas terhadap para pembangkang Iran dan rakyatnya sendiri,” kata Brodsky kepada VOA.