Peretas Muda Meretas Jaringan Penjara untuk Membantu Temannya Keluar, Tertangkap dan Masuk Penjara

0
70

Nah, “seorang teman memang saling membantu jika membutuhkan” tapi ini sungguh kelewatan dan sama sekali tidak masuk akal.

Seorang pria Michigan berusia 27 tahun yang menyusup ke dalam sistem komputer pemerintah Penjara Washtenaw County untuk mengubah catatan narapidana dan mendapatkan pembebasan lebih awal untuk temannya dalam menghadapi tuduhan federal setelah tertangkap.

Konrads Voits dari Ann Arbor, Michigan, mengaku bersalah di pengadilan federal minggu lalu karena melakukan hacking ke dalam sistem komputer pemerintah Washtenaw County awal tahun ini dengan menggunakan malware, phishing, dan teknik rekayasa sosial dalam upaya untuk mendapatkan temannya yang dibebaskan lebih awal dari penjara.

Jaksa mengatakan Voits juga menggunakan panggilan telepon ke staf penjara yang mengaku sebagai manajer di departemen TI County Jail dan menipu mereka untuk mendownload dan menjalankan perangkat lunak perusak di komputer mereka dengan mengunjungi situs web palsu di “ewashtenavv.org,” yang meniru URL resmi Washtenaw , “ewashtenaw.org.”

Voit kemudian memperoleh informasi login jarak jauh dari salah satu karyawan Penjara dan menggunakan informasi tersebut untuk menginstal perangkat lunak perusak di jaringan County dan mendapatkan akses ke sistem XJail County yang sensitif pada bulan Maret tahun ini.

Setelah mendapatkan akses ke sistem pada akhirnya  Voits mencuri catatan penjara dari beberapa narapidana, surat perintah persidangan dan data pribadi, termasuk kata kunci, nama pengguna, dan alamat email, lebih dari 1.600 karyawan, bersamaan dengan mengubah catatan elektronik dari setidaknya satu narapidana untuk bebas lebih awal.

Namun, hal-hal tidak berjalan sebagaimana yang diinginkan oleh Voits, dan sebaliknya, mereka semua menjadi bumerang saat pegawai penjara mendeteksi perubahan dalam catatan mereka dan memberi tahu FBI.

Tidak ada tahanan yang dibebaskan lebih awal.

Insiden ini terjadi antara tanggal 24 Januari 2017 dan 10 Maret 2017 dan biaya Washtenaw County lebih dari $ 235.000 untuk memperbaiki keseluruhan kekacauan sebelum pihak berwenang menghancurkan Voits.

“Pertarungan cyber mempengaruhi individu, bisnis dan pemerintah. Peretas komputer harus menyadari bahwa secara tidak sah memasuki komputer orang lain akan mengakibatkan hukuman yang tidak wajar dan hukuman penjara,” kata Jaksa Agung Amerika Serikat, Daniel Lemisch.

“Kami memuji dedikasi begitu banyak petugas penegak hukum yang bekerja keras untuk memanfaatkan kemampuan [Voits] pria ini untuk mengganggu sistem komputer orang lain.”

Voits ditangkap oleh pihak berwenang sebulan kemudian dan mengaku bersalah pekan lalu. Dia sekarang menghadapi denda sampai $ 250.000 dan hukuman penjara sepuluh tahun maksimum, meskipun dia tidak mungkin menerima hukuman maksimal.

Voits telah setuju untuk menyerahkan barang-barangnya yang digunakan selama serangan tersebut, termasuk laptopnya, empat ponsel dan jumlah Bitcoin yang tidak diungkapkan.

Voits saat ini berada dalam tahanan federal dan diatur untuk menghadapi persidangan pada tanggal 5 April 2018.