WHO menyetujui penggunaan darurat Vaksin Pfizer

0
470

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) pada Kamis menyetujui vaksin virus korona Pfizer-BioNTech untuk penggunaan darurat, sebuah langkah yang bertujuan membantu negara berkembang mendapatkan akses ke vaksin lebih cepat.

WHO mengatur proses penggunaan daruratnya untuk membantu negara-negara tanpa sumber daya regulasi mereka sendiri untuk menyetujui vaksin, membuka jalan untuk penggunaannya.

“Ini adalah langkah yang sangat positif untuk memastikan akses global ke vaksin COVID-19,” kata Mariangela Simao, pemimpin program akses obat-obatan WHO.

Namun, suhu super dingin vaksin harus dijaga – minus 70 derajat Celcius – membuat pengiriman dan penyimpanannya menjadi tantangan bagi negara-negara berkembang.

COVAX, upaya global yang didukung oleh WHO untuk membeli dan mendistribusikan vaksin ke negara-negara miskin, sejauh ini telah berkomitmen untuk 2 miliar dosis vaksin dan sedang dalam pembicaraan dengan Pfizer-BioNTech untuk membeli beberapa vaksinnya, yang 95% efektif setelah dua dosis.

Vaksin COVID-19 lainnya, yang dikembangkan oleh produsen obat Tiongkok, pada Kamis menjadi yang pertama diberikan persetujuan resmi oleh pemerintah Tiongkok.

Administrasi Produk Medis Nasional China mengumumkan persetujuan bersyarat dari vaksin yang dikembangkan oleh Beijing Biological Products Institute, anak perusahaan Sinopharm milik negara. Badan pengatur memberikan persetujuan sehari setelah Sinopharm mengatakan vaksin tersebut memiliki tingkat kemanjuran 79,3% terhadap virus corona dalam uji klinis skala besar terakhir.

Namun, para ahli dari luar telah mempertanyakan klaim Sinopharm karena belum memberikan data yang diperlukan untuk diverifikasi secara independen.

Vaksin yang baru disetujui adalah satu dari lima yang dikembangkan oleh perusahaan China yang telah diberikan dalam program penggunaan daruratnya saat masih menjalani uji coba fase 3. Lebih dari 4,5 juta dosis telah diberikan sejak Juli untuk pekerja esensial dan orang-orang yang dianggap berisiko tinggi, termasuk 3 juta sejak pertengahan Desember.

Vaksin Sinopharm bergabung dengan vaksin virus korona potensial lainnya untuk menerima persetujuan dari pemerintah di seluruh dunia.

Badan pengatur medis Inggris mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka telah memberikan otorisasi darurat vaksin virus corona yang dikembangkan bersama oleh raksasa farmasi Inggris-Swedia AstraZeneca dan Universitas Oxford.

Uji klinis tahap akhir dari vaksin AstraZeneca-Oxford mengungkapkan bahwa vaksin itu 70% efektif melawan COVID-19. Vaksin tersebut memiliki tingkat kemanjuran 62% untuk peserta yang diberi dua dosis penuh, tetapi tes dari sub kelompok yang lebih kecil mengungkapkan itu menjadi 90% efektif ketika diberikan setengah dosis diikuti dengan dosis penuh beberapa minggu kemudian.

Vaksin baru datang karena jenis COVID-19 yang lebih menular yang pertama kali terdeteksi beberapa hari lalu di Inggris telah diidentifikasi di berbagai titik di dunia.

Sebuah laboratorium Brasil mengatakan Kamis telah menemukan dua kasus varian Inggris, mendorong para peneliti di Institut Pengobatan Tropis untuk mendesak penggandaan tindakan karantina. Brasil telah melaporkan lebih dari 55.000 kasus baru dan hampir 1.200 kematian dalam 24 jam terakhir, menurut Universitas Johns Hopkins. Brasil, dengan hampir 195.000 kematian, berada di urutan kedua setelah AS, dan dengan lebih dari 7,6 juta kasus menempati urutan ketiga di dunia.

Pejabat di California pada hari Rabu mengumumkan varian tersebut telah muncul di kota selatan San Diego. Negara bagian barat Colorado adalah yang pertama di Amerika Serikat yang melaporkan strain baru awal pekan ini.

Varian berbeda dari virus korona telah terdeteksi di Afrika Selatan.