3 Cara Akses Token Gratis dari PLN

0
439
3 Cara Akses Token Gratis dari PLN
3 Cara Akses Token Gratis dari PLN

PT PLN (Persero) menyebutkan stimulus Covid-19 bagi pelanggan mulai bisa dinikmati pada Kamis, 7 Januari 2021, salah satunya melalui akses token gratis bagi pelanggan prabayar.

Hal ini dilakukan setelah pemerintah mengumumkan perpanjangan waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik sampai Maret 2021 kepada pelanggan PLN, dari diskon tagihan listrik sebesar 50% hingga 100%.

Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan PLN siap untuk melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus tersebut. Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian stimulus Covid-19 sebelumnya.

“Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” ujar Bob, seperti dikutip dari keterangan resmi PLN, Jumat (01/01/2021).

Bagi pelanggan rumah tangga, program ini memberikan diskon 100% kepada pelanggan listrik kategori daya 450 volt ampere (VA) dan diskon 50% kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

Ada tiga cara untuk mengakses token listrik gratis tersebut, antara lain sebagai berikut:

A. Melalui website PLN, dengan cara:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

B. Aplikasi Whatsapp, dengan cara :

1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

C. Aplikasi Mobile PLN, dengan cara :

1. Buka Aplikasi PLN Mobile.
2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
4. Token gratis akan muncul.
5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.