Seiring dengan pertumbuhan pengguna internet Indonesia, jumlah pengguna aktif media sosial (medsos) pun turut bertambah yang kini mencapai 170 juta pengguna.

Laporan teranyar We Are social, perusahaan asal Inggris bekerja sama dengan Hootsuite per Januari 2021, pengguna aktif medsos bertambah 6,3% atau setara 10 juta pengguna dibandingkan pada Januari 2020.

Bila dilihat dari jumlah populasi RI sekitar 274,9 juta jiwa, maka 61,8% di antaranya merupakan aktif di medsos. Sementara itu, diketahui, pengguna internet Indonesia terkini mencapai 202,6 juta.

Menariknya, dari 170 juta pengguna aktif medsos di Indonesia itu, 168,5 juta mengaksesnya melalui perangkat mobile, seperti smartphone. Fakta lainnya adalah, We Are Social dan Hootsuite menyebutkan rata-rata pengguna medsos Indonesia bisa menghabiskan waktu sampai 3 jam 14 menit per harinya.

Dari segi usia pengguna medsos, laporan ini memperlihatkan bahwa warga dengan rentang usia 25-34 tahun mendominasi. Setelah itu kelompok usia 18-24 tahun.

Kelompok umur pengguna medsos di Indonesia. Foto: We Are Social/Hootsuite

Pada laporan ini juga, We Are Social dan Hootsuite juga menganalisa terkait platform medsos yang paling banyak digunakan dalam sebulan terakhir pengguna internet dari usia 16 sampai 64 tahun.

Bisa dilihat dari gambar di bawah ini YouTube jadi teratas. Kemudian diikuti WhatsApp, Instagram, Facebook, lalu Twitter. Mirisnya, tidak ada satupun medsos lokal dipakai warga RI.

Medsos paling banyak dipakai pengguna internet Indonesia. Foto: We Are Social/Hootsuite

We Are Social dan Hootsuite mengungkapkan jumlah pengguna berbagai medsos populer di Indonesia, sebagai berikut:

– Jumlah pengguna Facebook di Indonesia 140 juta
– Jumlah pengguna YouTube di Indonesia 107 juta
– Jumlah pengguna Instagram di Indonesia 85 juta
– Jumlah pengguna Facebook Messenger di Indonesia 31 juta
– Jumlah pengguna LinkedIn di Indonesia 17 juta
– Jumlah pengguna Twitter di Indonesia 14,05 juta
– Jumlah pengguna Snapchat di Indonesia 7,25 juta