Covid-19 di AS: Mengapa Kelompok Etnis Minoritas dan Warga Ekonomi Lemah ‘Tertinggal’ dalam Program Vaksinasi?

0
443

Pemberian vaksinasi bagi kalangan etnis minoritas di AS jauh tertinggal dibanding vaksinasi bagi warga kulit putih Amerika – dan daerah yang lebih kaya kerap mendapatkan vaksinasi terlebih dulu, demikian menurut data terbaru.

Kami telah melihat data-datanya dan alasan yang mungkin melatari perbedaan tersebut.

Apa yang ditunjukkan oleh data itu?

Meskipun kelompok Hispanik dan warga kulit hitam Amerika memiliki potensi meninggal karena Covid sekitar dua kali lebih besar , mereka mendapat vaksin dengan tingkat yang jauh lebih lambat daripada warga kulit putih, menurut angka yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian Penyakit (CDC).

AS, covid-19, vaksin covid-19

Dari mereka yang menerima dosis pertama, 7,5% berkulit hitam dan 8,6% adalah Hispanik, padahal kelompok ini masing-masing berjumlah 13% dan 18% dari populasi AS.

Penting pula untuk diingat bahwa hanya sekitar setengah dari mereka yang divaksinasi yang memiliki catatan etnis.

Dan populasi warga kulit hitam dan Hispanik berusia lebih muda sehingga lebih kecil kemungkinan berada dalam kelompok usia yang diprioritaskan pada fase awal program vaksinasi.

Namun sejalan dengan laporan lain, sangat jelas bahwa vaksinasi untuk orang-orang yang termasuk kelompok minoritas tertinggal dari populasi warga kulit putih.

Sebuah studi Kaiser Family Foundation (KFF) di negara bagian yang melaporkan data vaksinasi menurut kelompok etnis menunjukkan warga kulit putih yang divaksinasi mencapai hampir dua kali lipat dari rata-rata orang kulit hitam Amerika, dan secara signifikan lebih dari itu di beberapa negara bagian.

AS, covid-19, vaksin covid-19

“Apa yang kami lihat saat ini adalah tren yang cukup konsisten di seluruh negara bagian yang menunjukkan kesenjangan dalam vaksinasi untuk orang kulit hitam dan Hispanik, meskipun tingkat kesenjangan tersebut bervariasi,” kata Direktur Program Kebijakan Kesehatan dan Kesetaraan Ras KFF, Samantha Artiga.

Orang kulit putih dua kali lebih mungkin divaksinasi daripada orang Hispanik Amerika, rata-rata, tetapi hampir lima kali lipat di Georgia dan lebih dari empat kali lipat di beberapa negara bagian lain.

AS, covid-19, vaksin covid-19, ras, kulit hitam, hispanik, kulit putih

Mengapa kesenjangan vaksinasi terjadi?

“Dalam banyak komunitas kulit berwarna, ada ketidakpercayaan historis terhadap pemerintah – dan bahkan terhadap beberapa sistem perawatan kesehatan,” kata direktur eksekutif American Public Health Association, Dr Georges Benjamin.

Ada sejarah eksperimen medis yang tidak etis pada orang kulit hitam Amerika.

Sebagai contoh, selama beberapa dekade sejak tahun 1930-an, penyakit sifilis yang menjangkiti ratusan orang kulit hitam Amerika tidak diobati tanpa sepengetahuan mereka, sebagai bagian dari percobaan, dalam apa yang kemudian dikenal sebagai skandal Tuskegee.

Ada pula klaim-klaim menyesatkan yang beredar di dunia maya yang menarget orang-orang dalam kelompok etnis minoritas, yang memperburuk ketakutan mereka.

Sebuah jajak pendapat pada bulan Desember menunjukkan warga kulit hitam jauh lebih mungkin takut vaksinasi daripada warga kulit putih, meskipun data itu sudah lebih baik dalam survei setelahnya.

Ada masalah lain terkait rasa percaya bila kita bicara soal kaum Hispanik Amerika, yang, kata Dr Benjamin, kadang-kadang khawatir tentang status imigrasi mereka atau mereka merasa mungkin diidentifikasi.

“Dalam kebanyakan kasus [saat divaksinasi], Anda harus menuliskan nama Anda dan menunjukkan kartu tanda pengenal,” katanya.

“Dan jika tidak memiliki tanda pengenal, itu mungkin membuat Anda berisiko – hal ini tentu saja berperan dalam rasa ketidakpercayaan.”

Bagaimana dengan pengaruh tingkat ekonomi?

“Khususnya pada tahap awal peluncuran vaksin, banyak celah yang mencerminkan perbedaan akses mendapatkan vaksin,” kata Artiga.

“Hal ini bergantung pada akses ke Internet berkecepatan tinggi untuk mendaftar janji temu online, memiliki transportasi ke klinik vaksinasi, memiliki fleksibilitas dalam pekerjaan dan jadwal perawatan seseorang.”

Ini berarti orang-orang di lingkungan yang lebih kaya-dengan sumber daya lebih banyak- sering mendapatkan vaksin lebih dulu.

Dan orang-orang yang termasuk dalam etnis minoritas di AS biasanya lebih miskin, dengan tingkat kemiskinan di antara orang Hispanik atau kulit hitam Amerika lebih dari dua kali lipat dari rekan-rekan kulit putih mereka, menurut data terbaru.

Dr Benjamin mengatakan, “Kami selalu tahu ada korelasi yang kuat dengan kekayaan dan kesehatan – dan hal ini terjadi dalam vaksinasi Covid.”

Mengambil Kota New York sebagai contoh, diketahui area dengan pendapatan rumah tangga rata-rata yang lebih tinggi telah menerima lebih banyak vaksinasi.

NYC vaccinations

Dan pola ini terjadi di banyak negara bagian lain di AS.

Apa solusinya?

Pemerintahan Biden telah menjanjikan US$ 250 juta (Rp3,5 triliun) sebagai inisiatif untuk menjangkau lebih banyak vaksinasi bagi populasi yang kurang terlayani.

Lebih banyak klinik vaksin – dan dosis – sekarang tersedia di beberapa daerah yang lebih miskin.

Dan kesenjangan keragu-raguan yang mempengaruhi orang-orang yang termasuk dalam etnis minoritas tampaknya semakin mengecil.