Australia Mempertimbangkan Undang-Undang Untuk Memaksa Google dan Facebook Membayar Jurnalisme Media Berita

0
450

Parlemen Australia pada Rabu akan mempertimbangkan undang-undang yang akan mengharuskan perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook membayar jurnalisme yang disediakan oleh organisasi berita.

Selama bertahun-tahun, perusahaan media tradisional di Australia mengeluh bahwa platform media sosial mendapatkan keuntungan dari kualitas pelaporan mereka tanpa membayarnya.

Pemerintah di Canberra percaya bahwa regulasi diperlukan dan memperkenalkan undang-undang baru ke dalam parlemen. Tidak mungkin berlalu sampai tahun baru.

Australia ingin perusahaan teknologi kelas berat Google dan Facebook bernegosiasi dengan penyiar dan penerbit untuk menyetujui berapa banyak mereka akan membayar untuk menggunakan berita online. Biaya akan ditanggung oleh kedua pihak.

Jika kesepakatan tidak dapat dicapai, kedua belah pihak akan dipaksa ke arbitrase, di mana keputusan akan dibuat untuk mereka.

Sejauh ini, hanya dua platform digital yang disertakan adalah Google Search dan Facebook NewsFeed, tetapi Bendahara Australia Josh Frydenberg akan memiliki kekuatan untuk menambahkan platform lain ke daftar jika mereka menjadi pemain yang cukup besar di pasar.

“Ini adalah reformasi besar,” katanya. “Ini adalah yang pertama di dunia dan dunia sedang menyaksikan apa yang terjadi di sini di Australia. Tapi undang-undang kami akan membantu memastikan bahwa aturan dunia digital mencerminkan aturan dunia fisik. ”

Pemerintah mengatakan media cetak di Australia telah mengalami penurunan pendapatan iklan sebesar 75% sejak 2005. Pasar didominasi oleh Google dan Facebook, yang menentang undang-undang tersebut. Mereka berpendapat bahwa media tradisional telah mengabaikan manfaat yang mereka terima dari rujukan dan klik ke situs web mereka.

Facebook sebelumnya mengatakan akan menghapus konten berita Australia dari platformnya sama sekali, dengan alasan tidak berkontribusi banyak pada pendapatannya. Perusahaan juga mengatakan mendukung jurnalisme di Australia melalui hibah dan pendanaan.

Facebook Australia mengatakan akan meninjau rancangan undang-undang tersebut ketika diterbitkan.

Iklan Google di Australia menegaskan bahwa undang-undang tersebut akan merusak.