Zuckerberg Mengatakan Facebook Keliru Dengan Tidak Menghapus Pos Milisi

0
435

Facebook membuat kesalahan dengan tidak menghapus halaman kelompok milisi awal pekan ini yang menyerukan warga sipil bersenjata untuk memasuki Kenosha, Wisconsin, di tengah protes kekerasan setelah polisi menembak Jacob Blake, kata CEO Mark Zuckerberg.

Halaman untuk “Kenosha Guard” melanggar kebijakan Facebook dan telah ditandai oleh “sekelompok orang,” kata Zuckerberg dalam sebuah video yang diposting hari Jumat di Facebook. Raksasa media sosial itu dalam beberapa pekan terakhir mengadopsi pedoman baru yang menghapus atau membatasi postingan dari grup yang mengancam keselamatan publik.

Facebook menghapus halaman itu Rabu, setelah seorang warga sipil bersenjata diduga membunuh dua orang dan melukai Selasa malam ketiga di tengah protes di Kenosha yang menyusul penembakan Blake, yang merupakan orang kulit hitam.

“Itu sebagian besar merupakan kesalahan operasional,” kata Zuckerberg. “Para kontraktor, peninjau, yang menyampaikan keluhan awal, tidak, pada dasarnya tidak mengambilnya.”

Zuckerberg tidak meminta maaf atas kesalahan tersebut dan mengatakan bahwa sejauh ini, Facebook belum menemukan bukti bahwa Rittenhouse mengetahui halaman Kenosha Guard atau undangan yang dipostingnya untuk anggota milisi bersenjata untuk pergi ke Kenosha.

Facebook sekarang menghapus postingan yang memuji penembakan atau penembak itu, kata Zuckerberg. Namun sebuah laporan Kamis oleh surat kabar The Guardian menemukan contoh dukungan dan bahkan pesan penggalangan dana masih dibagikan di Facebook dan layanan berbagi fotonya, Instagram.

Zuckerberg juga membandingkan perlakuan terhadap Blake, yang ditembak di punggungnya oleh polisi Kenosha, dan pemuda kulit putih berusia 17 tahun yang kini didakwa dalam pembunuhan hari Selasa, Kyle Rittenhouse, yang membawa senapan gaya AR-15 di dekat polisi tanpa ditantang. Zuckerberg juga mengakui demonstrasi hak-hak sipil pada hari Jumat di Washington, D.C.

“Hanya ada perasaan bahwa segala sesuatunya tidak membaik pada kecepatan yang seharusnya, dan saya pikir itu benar-benar menyakitkan, benar-benar mengecilkan hati,” kata Zuckerberg.

Zuckerberg juga mengatakan perusahaan sedang berupaya meningkatkan eksekusinya, meskipun dia tidak memberikan rinciannya. Dia mengakui bahwa pemilihan presiden yang akan datang akan menghadirkan tantangan yang lebih besar seputar polarisasi konten.

“Ada risiko nyata dan risiko yang terus meningkat melalui pemilu selama waktu yang sangat sensitif dan terpolarisasi ini,” katanya.