Binomo dan Ratusan Situs Trading Ilegal Diblokir Bappebti

0
744

Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memblokir 105 domain situs web entitas di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK).

Hal tersebut karena tidak memiliki perizinan resmi. Dalam list yang diblokir Bappebti terdapat delapan situs web Binomo yang sebenarnya sudah diblokir berkali-kali oleh pemerintah.

“Antusiasme masyarakat dalam bertransaksi di bidang PBK selama pandemi semakin meningkat,”

“Untuk itu, pengawasan dan pengamatan perlu diperketat untuk mencegah adanya potensi kerugian masyarakat akibat penawaran iklan dan promosi di bidang PBK yang tidak berizin,”

Ujar Kepala Bappebti Sidharta Utama dalam keterangan resmi Kemendag, hari Jumat 16 April 2021.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti M. Syist meminta masyarakat agar jangan tertipu dengan penawaran dari oknum.

Biasanya menjanjikan keuntungan dari transaksi di bidang PBK, terutama dengan penawaran pendapatan tetap (fixed income) maupun pembagian keuntungan (profit sharing) dalam investasi PBK.

Masyarakat juga diimbau jangan mudah menyetorkan dana ke rekening tertentu, bahkan ke rekening atas nama pribadi yang memberikan janji keuntungan dalam persentase dan dalam jangka waktu tertentu.

Penawaran tersebut biasanya juga dibumbui dengan iming-iming bonus atau komisi apabila berhasil merekrut anggota baru sebagai downline. Jika menggunakan metode tersebut sudah dipastikan penipuan.