Facebook Membatalkan Kabel Trans-Pasifik

0
546

Facebook telah membatalkan rencana untuk menghubungkan California, Taiwan, dan Hong Kong melalui kabel bawah air sepanjang 12.000 kilometer, dengan alasan ketegangan antara AS dan China.

Raksasa media sosial itu mengatakan kepada Wall St. Journal, yang menyebarkan berita itu, mereka menghentikan proyek tersebut karena tekanan politik dari pemerintah AS, yang mencatat potensi masalah keamanan nasional.

“Karena kekhawatiran yang sedang berlangsung dari pemerintah AS tentang hubungan komunikasi langsung antara Amerika Serikat dan Hong Kong, kami telah memutuskan untuk menarik aplikasi [Komisi Komunikasi Federal] kami,” kata juru bicara Facebook. “Kami berharap dapat bekerja dengan semua pihak untuk mengkonfigurasi ulang sistem untuk memenuhi kekhawatiran pemerintah AS.”

Facebook, bersama dengan beberapa perusahaan China termasuk China Telecom, mengajukan izin untuk memulai kabel pada tahun 2018. Kabel tersebut akan mempercepat aliran data di seluruh Pasifik.

Ini bukan pertama kalinya kabel Pasifik yang mencakup Hong Kong ditahan. Pada September 2020, Google dan Facebook mengesampingkan Jaringan Kabel Cahaya Pasifik yang akan menghubungkan AS dengan Taiwan, Hong Kong, dan Filipina.

Sekitar waktu yang sama, Facebook dan Amazon membuang usulan sambungan kabel antara San Francisco dan Hong Kong yang disebut Bay to Bay Express Cable.