Format PDF sampai saat ini tetap menjadi salah satu favorit dalam menampilkan dokumen. Kabar duka datang, salah satu penemunya yaitu Charles Geschke meninggal dunia.

Charles yang biasa dipanggil Chuck adalah salah satu pendiri raksasa software Adobe pada tahun 1982, kemudian dia juga ikut menciptakan Portable Document Format atau PDF. Ia meninggal dunia di umur 81 tahun di rumahnya di kawasan California.

CEO Adobe, Shantanu Narayen, menyebut bahwa Chuck telah memicu revolusi publikasi di desktop dan Adobe sangat berduka dengan kepergiannya. “Ini adalah sebuah kehilangan besar bagi seluruh komunitas Adobe dan juga industri teknologi, di mana dia telah menjadi seorang pemandu dan pahlawan selama beberapa dekade,” sebutnya.

“Sebagai co founder Adobe, Chuck dan John Warnock mengembangkan software terobosan yang telah merevolusi bagaimana orang menciptakan dan berkomunikasi,” tambah dia, seperti dikutip detikINETdari BBC, Senin (19/4/2021).

Selain PDF, duet pendiri Adobe itu juga ikut mengembangkan beberapa software terkenal dan luas digunakan orang, termasuk Acrobat, llustrator, Premiere Pro sampai Photoshop.

Pada tahun 1992, Chuck pernah jadi berita nasional karena kasus penculikan yang menimpa dirinya. Dia sempat disandera selama 4 hari. Chuck kemudian berhasil dibebaskan oleh polisi.

Pada tahun 2009, Presiden Barack Obama menganugerahkan Chuck dan juga Warnock dengan penghargaan tinggi karena jasanya di bidang teknologi, National Medal of Technology.

“Saya bisa mengatakan sebagai istrinya bahwa dia adalah seorang pria yang sangat sangat rendah hati. Dia sangat bangga dengan kesuksesannya, tapi dia hati-hati tentang apa yang harus ia lakukan dengan kesuksesan itu,” kata sang istri, Nan Geschke. Selamat jalan penemu PDF.