4 Cara Mudah Cegah Badan Melar Usai Lebaran Menurut Ahli Gizi

0
568

Setelah satu bulan berpuasa, sebagian orang menjadikan momen Lebaran tidak hanya sebagai perayaan tapi juga ajang ‘balas dendam’ untuk makan.

Sajian istimewa yang menggoda membuat makan jadi sulit terkendali. Buntutnya, timbunan kalori, lemak, serta gula dapat membuat tubuh melar.

“Setelah Lebaran ada keinginan untuk membalas dendam karena telah menahan rasa lapar atau konsumsi makanan yang kurang dari biasanya selama sebulan, sehingga tidak dapat mengatur asupan energi dari makanan,” ujar Profesor ahli gizi FKUI Saptawati Bardosono, Senin (17/5) malam.

Untuk mencegah badan kian melar, dokter yang juga biasa disapa Tatik ini membagikan sejumlah tipsnya sebagai berikut.

1. Kembali ke pola makan teratur

Salah satu langkah pertama yang dapat dilakukan menurut Tatik yakni dengan kembali ke pola makan sebelum puasa.

“Tiga kali makan utama (sarapan, makan siang dan makan malam) dengan dua kali selingan sebaiknya buah dan minum air putih,” katanya.

Dia menambahkan bahwa setiap hidangan makan utama terdiri dari nasi atau penggantinya dengan lauk pauk hewani dan nabati tanpa digoreng serta sayuran mentah atau dikukus atau ditumis.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Ilustrasi sayur dan buah

Setelah banyak makan-makanan bersantan yang tinggi kalori, lemak, serta mengandung gula, ia menganjurkan untuk memperbanyak makan buah dan sayur.

“Dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah segar maka diharapkan hidangan tinggi kalori dan lemak serta gula yang merupakan stres oksidatif bagi tubuh dapat dinetralisasi oleh kandungan antioksidan dari sayuran segar dan buah,” kata Tatik.

Dia lanjut mengatakan bahwa konsumsi sayur dan buah yang dianjurkan yakni yang kaya kandungan vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan. Di antaranya seperti buah apel, pir, jeruk, nanas, pepaya, brokoli, tomat, dan lainnya.

3. Hindari makanan tinggi kalori

Ilustrasi diet soda

Selain itu, salah satu poin penting lainnya dalam mencegah badan melar usai Lebaran yakni menghindari sejumlah makanan tertentu.

“Tentunya perlu menghindari makanan yang tinggi kalori karena kandungan lemak dan minyak, juga menghindari makanan minunan manis yang banyak mengandung gula,” papar Tatik.

“Serta juga menghindari makanan yang asin karena akan membuat tidak bisa berhenti makan.”

4. Perbanyak aktivitas fisik

ilustrasi olahraga

Setelah mengatur asupan makanan, Tatik menganjurkan untuk tidak mengabaikan kegiatan fisik dalam proses ini. Pasalnya, ini akan membantu kelancaran diet setelah Lebaran.

Setidaknya, dia menyarankan untuk mulai kembali mengatur aktivitas dan latihan fisil secara teratur setiap hari selama 30-60 menit.

Dia kemudian menyimpulkan bahwa agar proses mencegah badan melar usai Lebaran berjalan lancar kuncinya dengan, “Makan dengan jadwal teratur, hidangan makanan yang mengandung beragam jenis pangan agar asupan semua sumber energi seimbang dan dengan jumlah sesuai kebutuhan, yang diimbangi dengan aktivitas dan latihan fisik yang teratur juga.”

Sumber : CNN [dot] COM