Tukang Perahu Selamatkan Bayi Berusia 21 Hari yang Dimasukkan ke Dalam Kotak dan Dibuang di Sungai Gangga

0
420

Seorang tukang perahu di negara bagian Uttar Pradesh, India dipuji sebagai pahlawan kemanusiaan setelah ia menyelamatkan seorang bayi perempuan di dalam kotak kayu yang mengambang di Sungai Gangga.

Gullu Chaudhary mengatakan ia mendengar tangisan bayi yang baru berusia 21 hari itu dan menemukannya dalam keadaan terbungkus kain merah di dalam kotak yang dihias dengan gambar dewa-dewi Hindu.

Si bayi telah dibawa ke rumah sakit dan kesehatannya terus dipantau.

Setelah dipastikan dalam keadaan sehat, ia akan dikirim ke rumah penampungan.

Pihak berwenang sedang menyelidiki asal-usul bayi tersebut.

Mereka belum berspekulasi tentang alasan orang tua bayi itu membuangnya; namun rasio gender India termasuk yang terburuk di dunia.

Perempuan kerap didiskriminasi dan anak-anak perempuan dipandang sebagai beban finansial, terutama di kalangan masyarakat miskin.

Meskipun kebanyakan bayi perempuan yang tidak diinginkan diaborsi dengan bantuan klinik-klinik ilegal, kasus bayi perempuan yang dibunuh atau diabaikan setelah lahir juga sering terjadi.

Polisi mengatakan di dalam kotak kayu terdapat kartu horoskop berisi tanggal dan waktu kelahiran si bayi, dan menyebutkan bahwa namanya adalah Ganga – nama sungai Gangga dalam bahasa Hindi.

Pemerintah negara bagian Uttar Pradesh mengatakan mereka akan menanggung biaya pengasuhan si bayi.

Menteri Utama Yogi Adityanath juga mengumumkan bahwa tukang perahu yang menyelamatkannya akan mendapatkan beberapa hadiah dari pemerintah, termasuk sebuah rumah, karena telah menunjukkan “contoh kemanusiaan yang tiada tara”.

Pejabat di distrik Ghazipur, tempat si bayi diselamatkan, mengatakan kepada wartawan bahwa Hakim Distrik MP Singh telah mengecek keadaan si bayi dan beberapa pejabat juga telah dikirim untuk menemui si tukang perahu.

Chaudhary berkata kepada wartawan setempat bahwa ketika orang-orang di pinggir sungai mendengar tangisan sang bayi, tidak ada yang bergerak untuk menolong.

“Tapi saya langsung bergegas menyelamatkan dia. Ketika saya membuka kotak kayu itu, saya menemukan dia.”

Insiden tersebut sempat membuat kehebohan, dengan banyak orang berkerumun di tepi sungai.

Video yang diambil di lokasi menunjukkan si tukang perahu mengangkat kotak kayu itu dari air dan menggendong bayi yang baru lahir itu di lengannya.

Ia kemudian membawa si bayi ke rumahnya. Tak lama kemudian polisi menjemput si bayi dan petugas kesejahteraan anak membawanya ke rumah sakit.