Google akan Menghapus Data Akun yang tidak Aktif

0
567

Jika Anda memiliki akun dengan layanan cloud Google, seperti Foto, Drive, atau Gmail, konten di dalamnya dapat dihapus. Akun yang tidak aktif akan dibersihkan datanya setelah jangka waktu tertentu.

Kebijakan penyimpanan Google membersihkan akun yang tidak aktif dimaksudkan untuk membuat pengalaman yang lebih baik bagi orang lain. Dengan kata lain, Google tidak ingin orang yang tidak menggunakan layanannya menghambat pengguna lainnya.

Kabar baiknya adalah batas waktu untuk akun yang tidak aktif cukup lama. Jadi, tidak ada alasan untuk khawatir jika Anda tidak login setiap hari, atau bahkan setiap bulan, seperti dikutip Howtobeel, Selasa, 15 Desember 2020.

Sebelum membahas waktu, Anda harus tahu apa yang sebenarnya diperhitungkan dalam alokasi penyimpanan Anda. Seperti biasa, Google Drive, Google Foto, dan Gmail dihitung.

Mulai 1 Juni 2021, beberapa hal berikut juga akan dihitung, seperti foto atau video baru diunggah ke Google Foto (termasuk yang berkualitas tinggi). Serta File Dokumen, Spreadsheet, Slide, Gambar, Formulir, atau Jamboard baru.

Namun, apa pun yang diunggah ke layanan ini sebelum 1 Juni 2021, tidak akan dihitung, hanya file yang diubah setelah tanggal tersebut.

Mulai 1 Juni 2021, Google juga akan menerapkan beberapa kebijakan baru untuk menghapus data pada akun yang tidak aktif. Google mungkin menghapus data dalam keadaan akun tidak aktif selama dua tahun, dan jika melebihi batas penyimpanan selama dua tahun.

Hitung mundur dua tahun dimulai pada 1 Juni 2021. Jadi, jika Anda tidak aktif, 2023 adalah waktu paling awal untuk menghapus semua hal. Google juga akan mengirimi Anda beberapa peringatan sebelum apa pun dihapus.

Namun, Anda juga mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan agar akunnya tidak menjadi “tidak aktif”. Caranya sederhana. Cukup kunjungi Gmail, Google Drive, atau Google Foto saat masuk ke akun Google Anda di web atau seluler.