Tiktok Menjadi Website Terpopuler di Dunia Tahun 2021

0
530

TikTok berhasil menggeser Google jadi web popular tahun 2021. Ini berdasarkan laporan terbaru dari perusahaan keamanan dan kinerja web, Cloudfare.

Tahun lalu, Tiktok hanya berada di peringkat 7 atau 8 dalam daftar Cloudfare. Pada 2021, platform video pendek itu melesat ke peringkat pertama, dikutip dari NBC News, Jumat (24/12/2021).

Cloudfare menyebut laporannya itu berasal dari data menggunakan alatnya ‘Cloudfare Radar’ yang dirilis pada September 2020. Artinya data itu terdiri dari tahun lalu dari September hingga Desember dan 2021 mencakup satu tahun penuh.

“Pada 17 Februari 2021, Tiktok meraih posisi teratas selama sehari,” kata Cloudfare dalam unggahan di blog resminya year-in-review.

“Pada bulan Maret, Tiktok mendapat beberapa hari lagi dan bulan Mei juga, namun setelah 10 Agustus 2021 Tiktok memimpin hampir setiap hari”.

Google juga sempat menjadi nomor 1 pada sebagian Oktober dan November. Namun sebagian besar lalu termasuk saat Thanksgiving (25 November 2021) dan keesokan harinya 26 November 2021 pada Black Friday.

Setelah Google, peringkat berikutnya diisi nama-nama besar platform lain. Mulai dari Facebook, Microsoft, Apple, Amazon, Netflix, Youtube, Twitter, dan WhatsApp.

Pada kelompok media sosial, Tiktok juga menjadi yang terpopuler. Aplikasi itu berhasil menyalip raksasa teknologi Facebook.

Cloudfare mengatakan di tahun kedua, media sosial mengalami peningkatan. Bahkan ada 9 aplikasi yang masuk dalam daftar 100 teratas domain global.

“Sembilan aplikasi media sosial utama seluruhnya ada dalam 100 teratas domain global terpopuler kami. Kita lihat Tiktok mengambil mahkota dari Facebook sebagai domain situs web media sosial terpopular di peringkat,” jelas perusahaan.