Ikan mas raksasa merusak danau, pemerintah AS: ‘Jangan buang ikan piaraan sembarangan!’

0
585

Sebuah kota di negara bagian AS, Minnesota, meminta warganya agar tidak sembarangan membuang ikan piaraan setelah menemukan ikan mas raksasa di danau.

Hewan yang umum dipiara di rumah-rumah itu dapat tumbuh jauh lebih besar di alam dan menyebabkan gangguan besar pada ekosistem.

Pemerintah Kota Burnsville membagikan gambar-gambar yang menunjukkan beberapa ‘ikan mas monster’ yang ditangkap dalam survei di Danau Keller.

Pemkot mengatakan ikan mas dapat turut menyebabkan penurunan kualitas air dengan mengacak-acak sedimen dan mencabut tanaman.

“Tolong jangan buang ikan mas piaraan Anda ke kolam dan danau!” kata Pemkot Burnsville dalam sebuah twit.

Di Minnesota, ikan mas merupakan salah satu spesies invasif yang diregulasi. Melepasnya ke perairan publik adalah tindakan ilegal.

Ikan mas yang dipelihara di akuarium rumah biasanya tumbuh hingga panjang tubuhnya sekitar 5,1cm.

Namun ketika mereka dilepas ke perairan umum, kata petugas pengendalian satwa liar, ikan mas dapat tumbuh lebih besar dan sulit dikendalikan – berkembang biak dengan cepat dan mendominasi spesies alami.

Dalam peringatannya, pemkot Burnsville menyarankan para pemiara hewan untuk “mempertimbangkan pilihan lain dalam menemukan rumah baru bagi mereka”.

Petugas pengendalian satwa liar sempat berurusan dengan masalah serupa di distrik terdekat, Carver County, tempat 50.000 ikan mas diangkat dari sebuah anak sungai pada Oktober tahun lalu.

Pengangkatan itu merupakan bagian dari rencana tiga tahun untuk mempelajari dan mengelola spesies tersebut, yang telah menyebabkan masalah di seluruh AS.

Namun AS bukan satu-satunya negara yang mengalami masalah ikan mas.

Pada 2017, dewan kota Muncih di Jerman mengatakan gerombolan ikan mas di kolam-kolam dan danau-danau membuat spesies lainnya kelaparan dalam persaingan untuk mendapatkan makanan. Masalah itu menjadi begitu buruk, dewan kota mengancam akan mendenda warga yang ketahuan melepas piaraan mereka ke perairan publik.

Ikan mas raksasa juga pernah ditemukan di perairan Inggris. Pada 2020, seorang remaja Inggris menangkap ikan seberat 2,2 kg dari sebuah danau di Dorset.

Sumber : BBC [dot] COM