Platform konferensi video pesaing Zoom, Google Meet kini akan memberlakukan batas video call selama 60 menit pada panggilan video grup untuk pengguna gratis.

Sebelumnya layanan besutan Google itu tersedia gratis untuk semua pengguna, bukan hanya pelanggan Enterprise atau Education.

Namun demikian, batas waktu hanya berlaku untuk panggilan dengan tiga peserta atau lebih. Jika panggilan video dilakukan satu lawan satu tetap bebas dari pembatasan durasi.

Pengguna Google Workspace sekarang harus meningkatkan versi ke akun berbayar untuk menyelenggarakan panggilan video grup, tanpa batas dengan tiga peserta atau lebih.

Google Meet telah memperbarui pedomannya yang menyebutkan bahwa pengguna Gmail gratis sekarang dapat menyelenggarakan panggilan grup dengan tiga atau lebih peserta hanya selama 60 menit berturut-turut.

“Pada 55 menit, semua orang mendapat pemberitahuan bahwa panggilan akan berakhir. Untuk memperpanjang panggilan, tuan rumah dapat meningkatkan akun Google mereka. Jika tidak, panggilan akan berakhir pada 60 menit,” bunyi pedoman itu.

Ketika Google Meet tersedia untuk semua pengguna pada April 2020, Google mengumumkan akan membatasi waktu rapat hingga 60 menit mulai September 2020.

Namun, menurut laporan 9to5Google, pihaknya kemudian memperpanjang batas durasi untuk panggilan gratis tanpa hingga Maret dan akhirnya batas waktu terakhir diumumkan menjadi 30 Juni,

Situs web Google Meet juga menyebut bahwa ada peningkatan bagi pengguna jika mereka ingin berpartisipasi dalam panggilan grup tanpa batas.

Upgrade untuk tingkat Individual Google Workspace baru saja dirilis dengan harga seharga US$9,99 per bulan atau sekitar Rp1,5 jutaan (kurs Rp14.515) di Amerika Serikat.

Mengutip Gadgets 360, jika tuan rumah ruang obrolan dapat meningkatkan ke paket ini, panggilan dapat berjalan lebih dari durasi 60 menit seperti yang dilaporkan .