Jangan Lakukan Ini Atau WhatsApp Kamu Diblokir

0
446

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi atau WhatsApp mod perlu berhati-hati. Sebab platform chatting milik Facebook itu akan blokir akun yang menggunakan aplikasi ini.

Salah satu WhatsApp tiruan itu adalah WhatsApp GB (WA GB) yang terkenal di dunia maya dalam beberapa waktu terakhir. Aplikasi ini bukan resmi dari WhatsApp namun aplikasi tiruan menawarkan fitur tambahan di atas aplikasi aslinya yang akhirnya menarik banyak orang untuk menggunakannya.

Misalnya saja fitur dua akun WhatsApp dalam perangkat yang sama, centang pesan tersembunyi, reply otomatis, dan status video panjang. Selain itu WhatsApp GB juga telah memiliki fitur penggunaan multi-device yang sedang dikerjakan WhatsApp versi asli saat ini.

Namun WhatsApp melarang keras penggunanya untuk menggunakan aplikasi tidak sah. Platform siap memblokir bagi siapapun yang menggunakan yang disebut WhatsApp mods.

Bagi mereka yang menggunakan WhatsApp mods ini melanggar syarat dan ketentuan perusahaan. Pengguna diharuskan selalu mendownload WhatsApp versi asli baik di Google Play Store maupun Apple App Store, dikutip dari India Today, Jumat (2/7/2021).

Aplikasi pihak ketiga atau kloning itu tidak ada yang berasal dari Play Store maupun toko aplikasi pihak ketiga. WhatsApp GB misalnya, hanya bisa didownload melalui APK.

Sudah jadi rahasia umum link pada APK penuh dengan malware. Aplikasi pihak ketiga ini tidak aman untuk digunakan dan tidak ada informasi bagaimana aplikasi menjaga privasi dan keamanan.

Jadi dengan mengunduh aplikasi modifikasi ini, bukan keuntungan yang akan dimiliki pengguna. Mereka bukan hanya membahayakan keamanan data sendiri, namun juga bisa kehilangan akses pada akun WhatsApp.

Pemblokiran pada pengguna aplikasi palsu ini sudah dilakukan WhatsApp sejak beberapa waktu lalu. Tahun 2019, perusahaan diketahui memblokir banyak akun terkait GB WhatsApp, yang saat itu bersifat sementara.

Namun pihak platform juga beri peringatan jika pengguna tidak segera beralih ke versi asli, maka akan diblokir dari WhatsApp secara permanen.