Rumor tentang iPhone 14 sudah beredar, meski iPhone 13 saat ini masih belum diluncurkan. Kabar terbaru menyebutkan iPhone 14 versi Pro akan menggunakan rangka titanium alloy yang lebih tangguh.

Menurut laporan dari JP Morgan Chase, iPhone 14 akan membawa banyak peningkatan, salah satunya penggunaan rangka titanium alloy. Rangka ini akan dibuat secara eksklusif oleh Foxconn, seperti dikutip dari MacRumors, Selasa (27/7/2021).

Saat ini material yang digunakan untuk membuat rangka iPhone 12 adalah aluminium dan stainless steel. Jika dibandingkan dengan stainless steel, titanium alloy memiliki banyak keunggulan.

Titanium memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi sehingga lebih tahan terhadap goresan, dan kekakuannya membuat material ini lebih tahan terhadap pembengkokan.

Titanium juga sama kuatnya seperti baja tapi 45% lebih ringan, dan dua kali lebih kuat dibandingkan aluminium. Material ini juga lebih anti karat ketimbang material campuran lainnya.

Tapi penggunaan titanium di iPhone 14 juga memiliki kelemahannya sendiri. Minyak dari sidik jari bisa terlihat lebih jelas di permukaan titanium dan titanium alloy, sehingga bisa meninggalkan bekas yang terlihat tidak menarik. Sifat titanium yang keras juga membuatnya sulit untuk diukir.

Sepertinya Apple sudah memikirkan cara untuk mengatasi dua masalah tersebut. Berdasarkan paten yang telah didaftarkan, Apple sedang meneliti penggunaan lapisan oksida tipis untuk permukaan logam yang bisa mengurangi munculnya sidik jari di perangkat.

Selain itu, Apple juga mengungkap proses blasting, etching, dan kimia yang bisa memberikan finish mengkilap di permukaan titanium sehingga terlihat lebih menarik.

Apple sendiri sebelumnya telah menggunakan material titanium di beberapa model Apple Watch Series 6. Kartu fisik Apple Card juga menggunakan material titanium.

Laporan dari JP Morgan Chase juga menguatkan rumor yang menyebutkan Apple tidak akan meluncurkan iPhone 14 mini dengan layar 5,4 inch. Sebelumnya analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan Apple hanya akan menawarkan iPhone 14 dalam dua ukuran yaitu 6,1 inch dan 6,7 inch.

Laporan ini juga menyebutkan fitur Touch ID akan kembali ke iPhone dalam bentuk baru, yaitu dengan menggunakan sensor sidik jari bawah layar atau di samping ponsel.