Inovasi Sepakbola dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

0
716

Ketika kita menggabungkan sepakbola sebagai olahraga paling populer di dunia dengan sebuah inovasi teknologi yang mutakhir, tentunya akan menghasilkan sebuah permainan sepak bola yang baru dan inovatif.

“Masing-masing pemain sepak bola di layar memainkan permainan ini,” ucap , Mahtab Sarvmaili, seorang mahasiswa PhD Universitas Dalhousie.

Sarvmaili dan timnya telah membuat inovasi dalam permainan sepak bola terkomputerisasi. Inovasi ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan.

“Mereka (memahami) permainan, area. Mereka membuat keputusan dan mereka mengambil tindakan di lingkungan,” jelas Sarvmaili.

Setiap pemain secara individual dihasilkan komputer. Para pemain berpikir dan bereaksi sendiri berdasarkan lingkungan mereka dan bermain serta bekerja sama di lapangan selama pertandingan.

“Mereka memiliki pelatih yang mengarahkan mereka melalui permainan. Itu juga memberikan beberapa saran tentang bagaimana tampil di lapangan.” ucap Sarvmaili.

Proyek ini baru selesai pertama dan dijalankan di liga simulasi sepak bola Robocup serta diresmikan pada saat sepak bola berada di garis depan di Kanada. Ini menyusul kemenangan medali emas tim nasional wanita Kanada di Olimpiade tersebut.

Sarvmaili menyebut ia menggabungkan pekerjaannya dalam kecerdasan buatan dengan hasratnya untuk dunia sepak bola.

“Kiper benar-benar berbeda. Program untuk kiper sama sekali berbeda dari pemain lain,” ucap Sarvmaili.

Tak hanya terobosan di bidang ilmu komputer. Game ini juga membantu pemain sepak bola di kehidupan nyata meningkat.

“Ini bisa membantu pelatih tim, meningkatkan performa mereka dalam pertandingan sepak bola,” ucap Nader Zare, asisten tim peneliti.

Harapan Sarvmaili dari proyeknya ini adalah dapat meluncurkan kemitraan dengan Halifax Wanderers.

“Kami sedang mencoba merancang aplikasi untuk mereka,” tutup Sarvmaili.