Google Garap Proyek AI yang Diklaim Bisa Jadi Tuhan

0
874

Google disebut sedang mengembangkan proyek sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang dikhawatirkan bakal mengendalikan seluruh aspek kehidupan dan bertindak layaknya Tuhan, sehingga bisa menjadi ancaman besar bagi umat manusia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mo Gawdat, mantan Chief Business Officer untuk organisasi moonshot Google, Google X. Dia menyebut kecerdasan buatan yang dia lihat sedang dibangun Google selama dia bekerja sangat menakutkan.

“Dan saya tiba-tiba menyadari ini benar-benar menakutkan. Itu benar-benar membuatku terdiam. Kenyataannya adalah kita menciptakan Tuhan,” ujar Gawdat, seperti dikutip dari Futurism, beberapa waktu lalu.

Gawdat mengatakan dia meyakini Artificial General Intelligence (AGI), salah satu jenis kecerdasan buatan, yang sangat kuat seperti dalam film fiksi ilmiah The Terminator.

Saat bekerja dengan pengembang AI di Google X, Gawdat menyaksikan perusahaan itu sedang membangun lengan robot yang mampu menemukan dan mengambil bola kecil.

Setelah penelitian tetapi minim kemajuan, Gawdat mengatakan lengan robotik itu mendadak meraih sebuah bola dan sepertinya mengangkatnya ke para peneliti.

Seperti dilansir Daily Star, yang paling mengkhawatirkan bagi Gawdat adalah seberapa cepat kemampuan mesin bisa belajar dibandingkan dengan manusia dan dampaknya bagi masa depan.

Miliarder bidang teknologi dan ruang angkasa, Elon Musk, berulang kali memperingatkan dunia tentang bahaya kecerdasan buatan yang suatu hari nanti dapat menaklukkan umat manusia.

Salah satu contohnya adalah sistem pengenalan wajah dan algoritma yang digunakan aparat penegak hukum dan intelijen.

Meski demikian masalah tersebut dapat diselesaikan melalui pengawasan dan regulasi. Berbeda dengan proyek Google, yang menurut Gawdat bakal melahirkan ancaman di kemudian hari.

Sumber : CNN [dot] COM