Cara Kerja Electric Parking Brake, Tinggal Pencet Tombol

0
514

Seiring perkembangan teknologi, fitur-fitur pada mobil kini dibuat makin canggih. Semua memang tidak lepas dengan tujuan untuk memudahkan pengemudi, termasuk pada fitur rem parkir.

Saat ini rem parkir tidak hanya tersedia dengan sistem tuas dengan cara tarik ke atas atau injak pedal pada beberapa bagian mobil Eropa, melainkan juga tinggal pencet tombol.

Fitur ini dinamakan Electric Parking Brake (EPB) dan diklaim memudahkan pengguna saat merilis atau menonaktifkan rem. Seperti apa cara kerja EPB? Berikut ulasannya.

Secara tampilan, EPB memang lebih modern dan simpel. Tak ada lagi tuas yang harus ditarik untuk mengaktifkan rem saat memarkir mobil, melainkan hanya menekan tombol.

Rem tangan tradisional bekerja dengan cara sederhana, yaitu menarik tuas ke atas, maka akan ada dua kabel yang juga tertarik ke rem belakang. Dengan memberikan tekanan kepada kabel-kabel tersebut, bantalan rem menempel pada cakram untuk menahan roda belakang tetap di tempatnya.

Sedangkan rem tangan elektronik tentu lebih modern karena keseluruhan sistemnya sudah elektrik. Dengan hanya menekan tombol EPB, motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan bantalan ke dalam cakram.

Sederhananya, saat pedal rem ditekan, sensor akan mengirimkan sinyal dan rem segera aktif. Saat Anda akan menjalankan mobil kembali caranya juga tinggal menekan tombol EPB agar roda mobil tak lagi terkunci

Keuntungan

Mobil yang telah mengusung fitur EPB memiliki sejumlah keuntungan. Seperti saat parkir tak memerlukan usaha berlebih untuk mengunci roda agar mobil tidak berjalan. Hanya tinggal menekan tombol maka rem tangan akan aktif dengan sendirinya.

Ada juga yang melengkapi fitur rem tangan elektronik ini dengan Auto-Hold Parking Brake.

Fitur yang satu ini merupakan sensor untuk menangkap ketika mobil berhenti dan pengendara menginjak rem. Fitur ini cukup berguna ketika berada di jalanan menanjak. Pengendara tinggal menekan tombol untuk mengaktifkannya dan mencegah mobil mundur dengan sendirinya. Untuk kembali menjalankan mobil, maka Anda cukup menginjak pedal gas.

Kedua fitur tersebut juga membuat interior mobil tampil lebih elegan. Ruang kabin akan terasa lebih luas dan konsol tengah bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan lainnya.

Jadi trend

Dahulu fitur ini mungkin hanya disematkan pada mobil dengan kategori premium. Tapi kini tidak lagi.

Sebagai contoh Wuling Cortez yang dibandrol Rp200 jutaan, ada juga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia baru dan Mitsubishi Xpander anyar juga dikabarkan akan menggunakan fitur Electric Parking Brake.

Sumber : CNN [dot] COM