Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda seperti yang Dialami Hanna Kirana

0
496

Artis sinetron Hanna Kirana meninggal dunia karena mengalami gagal jantung. Hanna Kirana meninggal dunia pada usia 23 tahun. Kenali penyebab gagal jantung di usia muda seperti yang dialami Hanna.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Damay menjelaskan gagal jantung adalah kondisi yang terjadi saat jantung tidak kuat memompa darah.

“Gagal jantung adalah kondisi di mana jantung ‘ngambek’ tidak kuat lagi memompa atau masih bisa ‘terpaksa’ memompa tapi dengan tekanan yang lebih tinggi atau usaha lebih berat,” kata Vito melalui sebuah unggahan di akun Instagramnya @doktervito.

Menurut Vito, terdapat sejumlah penyebab gagal jantung di usia muda. Berikut penyebab gagal jantung:

1. Penyakit katup jantung

A plush, stuffed toy red heart, more often associated with Valentines Day, rests on newspaper headlines about heart disease and the costs of health care.

Penyakit katup jantung adalah gangguan yang terjadi pada katup jantung. Jantung memiliki empat kantup yang berfungsi menjaga aliran darah dari jantung. Terdapat beberapa penyakit katup jantung seperti stenosis katup jantung, katup jantung bocor, dan kelainan bentuk katup jantung.

2. Penyakit jantung bawaan
Penyakit jantung bawaan adalah kelainan yang terjadi dan berkembang di jantung sejak lahir. Terdapat banyak jenis penyakit jantung bawan seperti kelainan pada dinding jantung dan kelainan pada pembuluh darah.

3. Penyakit jantung koroner
Penyakit jantung korener adalah kondisi yang terjadi saat pembuluh darah jantung atau arteri koroner tersumbat timbunan lemak. Kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 45 tahun.

4. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi juga dapat menjadi penyebab gagal jantung di usia muda. Tekanan darah yang tinggi memaksa jantung untuk bekerja ekstra sehingga sangat rentan mengalami kerusakan.

5. Infeksi virus atau bakteri
Infeksi yang terjadi karena virus atau bakteri juga dapat menyerang jantung dan menyebabkan gagal jantung.

Gagal jantung di usia muda bisa diatasi dengan sejumlah penanganan.

“Berbagai cara bisa menjadi penanganan tergantung penyebab gagal jantungnya. Pemasangan ring, operasi perbaikan katup atau dengan obat-obatan untuk menjaga kerja jantung,” kata Vito.

Sumber : CNN [dot] COM