Tips Hemat Daya kalau Baterai HP Tinggal Sedikit

0
425

Baterai ponsel atau HP yang sudah tinggal sedikit namun pengguna tidak dapat segera melakukan pengisian daya kerap kali membuat gelisah, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai jika dayanya sudah tinggal sedikit.

Ketika baterai ponsel anda sudah menunjukkan kapasitas yang tinggal sedikit, sedangkan Anda sedang berada dalam perjalanan sehingga tidak dapat segera melakukan pengisian daya, tentu situasi ini menjadi hal yang membuat Anda bingung. Pasalnya, Anda juga masih membutuhkan ponsel anda agar tidak segera mati karena kehabisan baterai.

Meski demikian, Anda tidak perlu panik karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai yang mulai sedikit.

Dilansir dari laman resmi Google berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai ponsel yang tinggal sedikit:

Aktifkan penghemat baterai atau mode daya rendah

Beberapa ponsel Android dilengkapi dengan penghemat baterai atau mode daya rendah. Setelan ini membantu pengisian daya bertahan lebih lama. Untuk mengetahui apakah ponsel Anda memilikinya, buka situs dukungan produsen perangkat Anda.

Hindari layar yang tetap menyala

Layar yang tetap menyala dapat memeras daya baterai pada ponsel Anda. Untuk menghemat baterai maka hindari aktivitas yang cukup intens pada perangkat seperti menggunakan navigasi untuk waktu yang lama, menonton video.

Selain itu, memainkan game dengan grafis yang berat juga merupakan aktivitas yang cukup memeras baterai.

Hindari pemakaian koneksi Internet

Selain menghindari aktivitas yang membuat layar ponsel tetap menyala, Anda juga harus menghindari penggunaan internet karena ini juga merupakan faktor yang dapat dengan cepat memeras daya pada baterai.

Untuk lebih menghemat daya baterai, cobalah untuk tidak tether ponsel Anda (hotspot) pada orang lain, menggunakan GPS untuk waktu yang lama, streaming video atau music serta melakukan panggilan telepon saat bepergian, seperti di dalam mobil.

Hindari tindakan yang memproses terlalu banyak informasi

Memproses banyak informasi seperti menggunakan kamera dan browsing juga dapat membuat daya baterai Anda cepat terkuras. Oleh karena itu, saat daya baterai ponsel Anda tinggal sedikit cobalah untuk seminimal mungkin melakukan hal-hal tersebut.

Untuk menghemat masa pakai baterai, cobalah untuk tidak menggunakan kamera terlalu sering, memainkan game yang sangat interaktif, serta menggunakan aplikasi untuk waktu yang lama.

Batasi pemakaian lokasi

Penggunaan koneksi dan mengaktifkan lokasi pada ponsel juga merupakan hal yang dapat memeras daya baterai. Maka dari itu, untuk menghemat daya anda dapat melakukan beberapa hal diantaranya:

  • Jika Anda tidak memerlukan jaringan seluler, aktifkan mode Pesawat.
  • Gunakan Wi-Fi alih-alih data seluler.
  • Matikan Bluetooth.
  • Matikan akses Lokasi.

Sumber : CNN [dot] COM