7 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Keruh

0
649

Urine merupakan salah satu indikator kesehatan tubuh. Terdapat sejumlah faktor yang mengubah warna serta bau urine, termasuk konsumsi makanan atau minuman tertentu.

Kelainan yang paling umum terjadi adalah urine berubah menjadi keruh. Hal ini sebagian besar dipengaruhi oleh dehidrasi, infeksi saluran kemih atau radang prostat pada pria atau vagina pada wanita, infeksi menular seksual, batu ginjal, atau makanan berlebih.

Mengetahui bahwa faktor makanan menjadi penyebab dapat membantu Anda menguranginya sebelum berkonsultasi ke dokter untuk menentukan penyebab lain.

Berikut tujuh makanan dan minuman yang membuat urine keruh, menurut Konsultan Senior dan Obstetri & Ginekologi Uro Fortis La Femme Hospital, Rubina Shanawaz.

1. Makanan asin

Makanan asin terutama keripik olahan, makanan kemasan, dan daging yang diawetkan menjadi salah satu penyebab. Pasalnya, menurut Shanawaz, asupan garam yang tinggi dengan asupan air yang tidak mencukupi menyebabkan dehidrasi dan urine keruh.

2. Minuman manis

Sebagaimana dilansir Times of India, aditif yang tampaknya tidak berbahaya pada hampir setiap makanan kemasan terutama minuman soda manis dan makanan penutup yang dikonsumsi secara berlebihan menyebabkan peningkatan produksi asam urat serta kekeruhan pada urine.

3. Produk susu

Kelebihan asupan susu dan produk susu menyebabkan peningkatan fosfor dalam tubuh yang menyebabkan urin keruh. Proses ini akan lebih cepat ketika orang tersebut memiliki penyakit ginjal yang mendasarinya.

4. Daging

Daging merah dan unggas diketahui juga melepaskan fosfor berlebih yang membuat urine keruh. Apalagi, jika konsumsi daging dalam bentuk daging olahan yang biasanya dikemas dengan kandungan garam tinggi.

5. Makanan laut

Jenis makanan laut tertentu seperti sarden, teri, dan kerang mengandung purin tinggi yang dimetabolisme menjadi asam urat dan dapat menyebabkan perubahan warna urine.

6. Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih menyebabkan dehidrasi dan karenanya perubahan warna urine bisa terjadi.

7. Kafein

Asupan kopi, teh termasuk teh hitam dan teh hijau dengan kafein dapat menyebabkan kehilangan air yang menyebabkan dehidrasi. Faktor dehidrasi berkaitan dengan penyebab urine keruh.

Sebagai catatan, Shanawaz mengatakan bahwa konsumsi makanan dan minuman di atas memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kuncinya terletak pada diet seimbang dengan hidrasi yang tepat.

Jika sudah memperhatikan apa yang Anda konsumsi sesuai dengan takaran, tapi kekeruhan dalam urine masih terjadi atau disertai nanah, nyeri atau demam, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Sumber : CNN [dot] COM