Wine Tertua di Dunia Ditemukan di Kendi Berusia 8.000 Tahun di Georgia

0
2158
Red wine pouring into wine glass, close-up

Para ilmuwan mengatakan pecahan kendi dari tanah liat berumur 8.000 tahun telah mengungkapkan bukti paling awal pembuatan wine.

Kendi ini mengandung peninggalan senyawa anggur yang ditemukan di dua lokasi di sebelah selatan ibukota Georgia, Tbilisi.

Beberapa toples berisi gambar anggur dan seorang pria menari.

Sebelumnya, bukti awal pembuatan anggur berasal dari tanah liat yang berasal dari sekitar 7.000 tahun yang lalu yang ditemukan di Iran barat laut.

Penemuan terakhir dipublikasikan di jurnal Prosiding National Academy of Sciences (PNAS).

“Anggur sangat penting bagi peradaban seperti yang kita ketahui di Barat.” Sebagai obat, zat pengubah pikiran dan komoditas bernilai tinggi, anggur menjadi fokus pemujaan agama, farmasi, masakan, ekonomi dan masyarakat di Timur Dekat kuno. ”

Metode tradisional

Kendi tanah liat ditemukan di dua desa Neolitik, yang disebut Gadachrili Gora dan Shulaveris Gora, sekitar 50km selatan Tbilisi, kata seorang periset.

Tanda-tanda kimiawi Telltale ditemukan di delapan toples, yang tertua berasal dari sekitar 5.980 SM.

Kendi besar yang disebut qvevri, mirip dengan yang digunakan untuk pembuatan anggur di Georgia, kata David Lordkipanidze, direktur Museum Nasional Georgia yang membantu memimpin penelitian ini.

Mr Batiuk mengatakan bahwa anggur itu mungkin dibuat dengan cara yang sama dengan metode qvevri hari ini “di mana buah anggur hancur dan buah, batang dan biji semuanya difermentasi bersama”.

Sebelumnya, bukti paling awal pembuatan anggur anggur telah ditemukan di Pegunungan Zagros di Iran yang dibuat 5.400-5.000 SM.

Pada tahun 2011, sebotol anggur dan kendi fermentasi sekitar 6.000 tahun yang lalu ditemukan di sebuah gua di Armenia.