Mengapa Muncul Notifikasi ‘Security Code Change’ di WhatsApp?

0
1059

Notifikasi ‘security code change’ barangkali bukan sesuatu yang aneh lagi di mata para pengguna WhatsApp. Apa maksud dari ‘security code change’ pada WhatsApp?

Notifikasi tersebut umumnya muncul di kolom chat, baik pribadi atau grup. Meski demikian, Anda masih bisa memulai obrolan.

Tak perlu khawatir dengan notifikasi tersebut. Notifikasi tidak menandakan adanya kerusakan atau masalah. Alih-alih demikian, notifikasi menandakan bahwa obrolan Anda bersama kontak yang dimaksud terenkripsi.

Melansir laman resmi WhatsApp, setiap obrolan dilengkapi dengan kode keamanan. Kode tersebut berfungsi untuk memverifikasi bahwa pesan yang dikirim atau diterima terenkripsi end-to-end.

Singat kata, notifikasi ‘security code change’ memberi tahu pengguna bahwa panggilan dan pesan yang ada di dalam obrolan akan terenkripsi. Dengan demikian, pesan yang dikirim hanya bisa dibaca penerima.

 

Kode tersebut akan berubah apabila kontak Anda melakukan pemasangan ulang aplikasi WhatsApp di ponselnya. Kode juga bisa berubah jika pemilik kontak berganti ponsel.

Dengan alur sedemikian rupa, artinya kelak notifikasi ‘security code change’ akan muncul saat pengguna lain atau teman mengganti ponsel atau melakukan pemasangan ulang.

Kode keamanan tersebut dapat ditemukan di layar info kontak, baik sebagai kode QR maupun 60 digit angka.

Untuk menerima pemberitahuan saat kode keamanan berubah, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

– Buka aplikasi WhatsApp;
– Buka Pengaturan > Akun > Keamanan;
– Aktifkan notifikasi keamanan dengan mengetuk ‘Tampilkan notifikasi keamanan’.

Demikian maksud dari notifikasi ‘security code change’ di kolom chat WhatsApp yang perlu diketahui.

Sumber : CNN [dot] COM