Elon Musk Tesla Kesal dan ‘Ngegas’ ke Biden, Ada Apa?

0
367

Perseteruan antara Presiden Joe Biden dan CEO Tesla Elon Musk tampaknya belum akan mereda dalam waktu dekat.

Elon Musk mengatakan tidak ada yang menonton pidato kenegaraan Biden. Pernyataan itu ia lontarkan setelah Biden tidak menyebut Tesla selama pidato kenegaraannya, Selasa (1/3) waktu setempat.

“Tidak ada yang menonton State of the Union,” kata Musk dalam email ke CNBC Internasional, dikutip Rabu (2/3/2022).

Dalam pidatonya, Biden memang hanya menggembar-gemborkan investasi gabungan US$18 miliar antara Ford dan GM saja. Sedangkan Tesla, raksasa pembuat mobil listrik milik Elon Musk, tidak ia sebutkan.

Elon Musk kemudian men-tweet langsung ke Biden dengan mengatakan, “Tesla telah menciptakan lebih dari 50.000 pekerjaan di AS, membangun kendaraan listrik & menginvestasikan lebih dari dua kali lipat gabungan GM + Ford.”

Elon Musk sebelumnya mengatakan bahwa Biden telah dengan tegas mengabaikan Tesla. Bos SpaceX ini pun mengatakan tak masalah jika tidak pernah diundang ke acara Gedung Putih.

“Saya akan melakukan hal yang benar,” tuturnya.

Elon Musk memang belum pernah menghadiri pertemuan Gedung Putih Biden dengan para pemimpin perusahaan lainnya, termasuk eksekutif dari Ford dan GM.

Elon Biden dan pejabat senior Gedung Putih secara pribadi telah memberi isyarat bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk mengundang Musk ke pertemuan ke depannya dengan eksekutif senior.

Elon Musk sebelumnya telah mencaci-maki presiden di Twitter, sebab pada akhir Januari lalu Biden bertemu dengan CEO General Motors Mary Barra dan CEO Ford Motor Jim Farley tanpa mengundang dirinya.

Musk dalam tweetnya menyebut Biden sebagai “boneka kaus kaki basah dalam bentuk manusia.”

Penasihat Biden secara pribadi telah menolak mengundang Musk ke acara industri di masa depan. Mereka khawatir dengan sikap Musk yang blak-blakan akan mengatakan sesuatu yang dapat mempermalukan presiden atau pemerintah.