Tips dan Trik agar Battery Health iPhone Tetap 100 Persen

0
540

Battery Health atau biasa disebut dengan BH ini merupakan salah satu fitur yang terdapat pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Fitur Battery Health ini berfungsi agar para pengguna perangkat iPhone dapat mengetahui kondisi dari baterai yang tertanam di dalamnya dalam bentuk persenan angka.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan di iOS 11.3 pada 2018. Fitur Battery Health dapat Anda lihat secara mudah melalui “Settings”>”Battery”>”Maximum Capacity”, yang menunjukkan berapa daya baterai yang bisa iPhone Anda tampung.

Fitur Battery Health terdapat pada beberapa perangkat sistem operasi iOS 13 ke atas, seperti iPhone 6s/6s+, iPhone SE Gen 1, iPhone 7/7+, iPhone 8/8+, iPhone XS/XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro/Pro Max, iPhone SE Gen 2, iPhone 12/12 mini, iPhone 12 Pro/Pro Max, iPhone 13/13 mini, dan iPhone 13 Pro/Pro Max.

Setiap baterai ponsel tentunya memiliki batas kesehatannya, tidak terkecuali baterai iPhone. Semakin lama penggunaan baterai, maka kesehatan baterai juga bisa berpotensi menurun. Jika usia baterai sudah lama, maka akan mempengaruhi besar kecilnya durasi pemakaian baterai sebelum pengisian daya.

Misalnya, iPhone Anda dulu dapat dipakai selama 4 jam dari persentase daya penuhi hingga kosong. Seiring berjalannya waktu, penggunaan baterai Anda kini hanya bisa dipakai selama 2 jam dan sudah harus diisi ulang dayanya.

Walaupun iPhone terkenal dengan komponen-komponen di dalamnya yang baik, tetapi tidak dapat menutup kemungkinan Battery Health dapat menurun akibat beberapa faktor.

Dengan adanya fitur Battery Health di iPhone, biasanya membuat pengguna merasakan dilema. Di satu sisi, fitur tersebut sebenarnya berguna agar pengguna mengetahui kesehatan baterai iPhone secara presisi. Disisi lain, dengan ditampilkan persentase data Battery Health membuat pengguna menjadi sering khawatir persentasenya akan terus menurun.

Penyebab Battery Health iPhone Menurun

Beberapa penyebab kesehatan baterai pada iPhone menurun yaitu pertama, kesehatan masa pakai baterai yang sudah lama, Kemampuan kandungan kimia yang ada pada baterai untuk menyimpan daya akan menurun seiring lamanya masa pemakaian.

Penyebab selanjutnya bisa juga karena kesalahan pengguna saat memperlakukan perangkat, khususnya baterai. Battery Health iPhone yang dalam kondisi buruk akan mempengaruhi kinerja perangkat itu sendiri.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, dengan Battery Health yang buruk bisa saja iPhone tiba-tiba mati padahal masih ada daya.

Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar menjaga Battery Health iPhone bisa tetap awet 100 persen.

Tips dan Cara Battery Health iPhone Tetap Awet

Berikut ini beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan agar kesehatan baterai atau Battery Health pada iPhone tetap 100 persen:

  1. Melakukan pembaharuan perangkat lunak secara rutin.
  2. Menghindari suhu perangkat yang tinggi
  3. Lepas chasing iphone saat mencharge daya.
  4. Menggunakan charger asli atau MFI
  5. Jangan di charge battery hingga penuh, jika ingin battery tahan lama.
  6. Mengisi daya pada saat 80% sewaktu iphone sedang digunakan.