Huawei Smart Band 7 Setara Smartwatch, Apple Watch 8 Deteksi Demam

0
290

Huawei mengeluarkan gelang pintar (smart band) 7 yang diklaim memiliki fitur seperti jam pintar (smart watch). Sementara itu, Apple Watch seri 8 dikabarkan bisa mendeteksi demam. 

Training Director Huawei CBG Indonesia Edy Supartono membeberkan beberapa fitur unggulan dari produk terbaru ini.

“Kita berbicara dari fisik dulu. Band 7 full view dengan layar lebih besar, bezel tipis. Layarnya juga sudah AMOLED 1,47 inci dengan rasio 65 persen screen to body,” katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (27/6).

Edy menambahkan, smart band ini juga memiliki resolusi 194 x 368 dengan desain UI Harmony OS. Edy mengklaim UI itu akan memanjakan pengguna secara visual.

Band 7 juga dibekali dengan beragam tema. Menurut Edy, ada 4 ribu tema yang bisa berganti-ganti setiap hari. “Ada juga day and night watch face serta animasi di dalamnya,” kata Edy.

Salah satu fitur unggulan lain dari Band 7 adalah work out mode. Lewat fitur ini, pengguna bisa memilih jenis olahraga yang akan dipantau aktivitasnya.

“Ada rope jumping, gym, threadmill dan lain-lain. Itu semua bisa digunakan pada band 7. Kita juga bisa mengatur training plan secara otomatis sesuai dengan Huawei Trusport,” kata Edy.

Lewat fitur tersebut, pengguna bisa melacak historis olahraga mereka. Nantinya, Band 7 akan memberi saran secara saintifik terkait olahraga yang harus dilakukan.

“Kemudian band 7 memiliki data work out yang komprehensif dengan adanya VO2 max, recovery time, training effect yang akan diberikan setelah latihan,” kata Edy.

Selain kesehatan, aspek praktis juga menjadi perhatian Band 7. Lewat smart band ini, pengguna bisa membaca pesan maupun membuat panggilan Whatsapp.

“Bisa view incoming calls, WhatsApp s dan message. Ada fitur lain seperti find phone, remote camera shutter, music playback control dan lain-lain,” ujarnya.

Huawei Band 7 sudah bisa didapat di Indonesia mulai 1 Juli 2022. Huawei melepas Band 7 dengan harga Rp 499 ribu dengan warna graphite black, wilderness green, nebula pink, dan flame red.

Produk Baru Apple

Terpisah, raksasa teknologi Apple dilaporkan bakal merilis perangkat jam pintar atau Apple Watch Seri 8 teranyar yang bisa menyertakan sensor suhu tubuh.

Dikutip dari The Verge, perangkat ini akan memberikan pemberitahuan yang diklaim tepat dan mengirimkan notifikasi untuk meminta Anda menemui dokter atau menggunakan termometer khusus.

Meski demikian, sensor tubuh itu masih harus melewati pengujian internal. Apabila benar, fitur tersebut bisa hadir di Watch Series 8 serta smartwatch untuk atlet olahraga ekstrem.

Namun, Apple Watch SE entry-level yang akan datang kemungkinan tidak akan memiliki sensor tersebut.

Bloomberg juga sebelumnya mengabarkan Apple Watch Seri 8 bakal menyertakan sensor suhu pada Juni 2021 yang diprediksi dipamerkan ke publik pada Januari 2022. Seri itu juga diprediksi menghadirkan fitur pemantauan gula darah.

“Saya diberitahu bahwa tidak ada fitur yang kemungkinan akan tiba pada peningkatan tahun 2022, meskipun kedua peningkatan tersebut telah dieksplorasi di dalam perusahaan dan dapat tiba suatu hari nanti,” Mark Gurman, jurnalis Bloomberg, dikutip dari Endgadget.

Sumber : CNN [dot] COM