Tebet Eco Park Dibuka Lagi, Pemprov DKI Beri Syarat untuk Pengunjung

0
273

Tebet Eco Park dibuka kembali oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai Senin 15 Agustus 2022. Namun, kini untuk mengunjungi Tebet Eco Park, Anda mesti mendaftar lewat aplikasi JAKI.

Taman yang berada di kawasan Tebet, Jakarta Selatan ini ditutup oleh Pemprov DKI sejak 14 Juni 2022. Namun, akun Instagram @tebetecopark mengumumkan pembukaan kembali taman itu.

“Mulai 15 Agustus 2022 Tebet Eco Park kembali dibuka,” bunyi keterangan di akun Instagram @tebetecopark, Minggu (14/8/2022).

Pemprov DKI Jakarta mewajibkan pengunjung mendaftarkan diri via aplikasi JAKI sebelum mengunjungi Tebet Eco Park. Pengelola taman juga siap memberi sanksi kepada pengunjung yang merusak fasilitas taman.

Sanksi itu berupa kartu merah yakni larangan berkunjung hingga 3 bulan ke taman tersebut. Untuk memantau kegiatan para pengunjung, CCTV telah ditempatkan pengelola di lokasi-lokasi strategis.

Setelah pembukaan kembali Tebet Eco Park, Pemprov DKI juga mengatur soal pembatasan pengunjung. Hal itu demi mengantisipasi membludaknya pengunjung. Kapasitas maksimum pengunjung 4.000 orang pada Senin-Jumat, sedangkan untuk akhir pekan sebanyak 5.000 pengunjung.

Warga mengunjungi Tebet Eco Park di Jakarta, Rabu (4/5/2022). Warga Jakarta dan sekitarnya memanfaatkan libur Idul Fitri 1443 H untuk berekreasi bersama keluarga ke tempat-tempat wisata di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz

Jam operasional Tebet Eco Park juga dibatasi dengan dibagi menjadi dua sesi yakni sesi pertama pukul 07.00-11.00 WIB, kemudian sesi kedua pukul 13.00-17.00 WIB.

Selain itu, sederet larangan kegiatan juga diinformasikan Pemprov DKI bagi pengunjung Tebet Eco Park. Pengunjung dilarang merusak fasilitas taman, dilarang bersepeda, dilarang bermain skateboard, dilarang merokok dan membawa minuman beralkohol, dilarang berenang di sungan, dilarang membawa hewan peliharaan selain di pet park, dilarang menduduki atau bersandar di patung dan pagar jembatan.

Untuk lahan parkir, Pemerintah Kota Jakarta Selatan menyiapkan lokasi milik Sarana Jaya yang jaraknya sekitar 200 meter dari Tebet Eco Park, yang mampu menampung sekitar 200 motor dan 100 mobil.

Lokasi untuk pedagang kaki Lima (PKL) di Tebet Eco Park juga sudah diatur Pemkot Jaksel. PKL akan menempati sekitar Rusun Harum Tebet, yang bisa menampung sampai 50 PKL.

Sumber : CNN [dot] COM