Akhirnya, Iklan yang berkeliaran di feed instagram bisa dihilangkan

0
305

Terganggu dengan iklan penurun atau pengontrol berat badan di Feed Instagram? Anda sudah bisa menghapusnya. Ini terkait pembaruan fitur Kontrol Konten Sensitif (Sensitive Content Control), dan membuat pengguna bisa memfilter iklan-iklan itu di Feed mereka.

“Selain Explore, Anda akan bisa mengontrol sejumlah konten dan akun sensitif di Search, Reels, Accounts You Might Follow, Hastags Pager daan In-Feed Recommercations,” tulis Instagram, dikutip dari CNBC Internasional, Minggu (14/8/2022).

Topik ‘pengendali berat badan’ jadi yang terbaru dalam daftar tema yang bisa disaring pada Feed pengguna. Platform lain seperti Tiktok juga telah melakukan keputusan serupa, yakni melarang iklan aplikasi puasa dan membatasi iklan yang mempromosikan tubuh negatif pada 2020 lalu.

Belum jelas mengapa Instagram melakukan hal itu, atau karena petisi yang dibuat influencer, Katie Budenberg, catat CNBC Internasional.

Tahun lalu, Budenberg membuat petisi mendorong Instagram menyertakan opsi memfilter iklan penurun badan dalam fitur Sensitive Content Control. Dalam deskripsi petisinya, dia menuliskan “untuk sebagian orang, iklan ini mungkin tidak berbahaya dan bisa discrolling, namun beberapa iklan memicu dan berbahaya”.

Petisi mendapat lebih dari 300 ribu pendukung dan kurang dari setahun Instagram melakukan pembaruan pada fitur. Budenberg juga mengunggah grafik dan informasi pada followersnya mengenai perubahan dan menjelaskan cara untuk menyaring konten tersebut.

Jika Anda ingin melakukan hal serupa, berikut caranya:
1. Buka profil Anda
2. Pilih ikon menu di pojok kanan atas
3. Klik Pengaturan (Settings)
4. Ketuk Iklan (Ads)
5. Buka topik Iklan
6. Pada menu Cari semua topik (Search all topics), cari kontrol berat badan (body weight control)
7. Klik topik
8. Pilih ‘lihat lebih sedikit’ (see less).