Gula Darah Tinggi Berbahaya, Lawan Diabetes dengan 7 Makanan Ini

0
259

Asupan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu pengidap diabetes tipe-2 dalam mengatur kadar gula darah. Lantas, apa saja makanan penangkal diabetes?

Mengutip Mayo Clinic, diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis yang ditandai dengan lonjakan kadar gula darah yang tinggi. Namun sayang, masih banyak orang dengan diabetes yang kerap mengonsumsi makanan yang memicu lonjakan kadar gula darah.

Padahal, asupan makanan berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah. Makanan juga dapat melindungi Anda dari masalah yang disebabkan diabetes seperti penyakit jantung, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Asupan ini harus memberikan nutrisi dan energi, serta membantu Anda untuk tetap kenyang.

Makanan Penangkal Diabetes
Dengan diabetes tipe 2, pastikan untuk memilih makanan yang kaya akan nutrisi, yang dapat membantu menyediakan serat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan tubuh, mengutip Healthline.

Berikut beberapa makanan penangkal diabetes.

1. Sayur-sayuran

Sayuran menjadi dasar dari diet sehat. Sayuran adalah sumber vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik, mengutip Medical News Today.

Serat dan karbohidrat kompleks hadir dalam banyak sayuran yang dapat membantu seseorang merasa kenyang. Hal ini dapat mencegah makan berlebih, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah dengan gula darah.

Sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi termasuk brokoli, wortel, sayuran hijau, paprika, tomat, kentang, jagung, dan kacang hijau.

2. Kacang-kacangan dan polong

Ilustrasi kacang almond

Kacang-kacangan adalah sumber serat dan protein makanan yang baik. Kandungan serat yang tinggi dari makanan membuat saluran pencernaan menyerap lebih sedikit karbohidrat daripada dari makanan rendah serat dan tinggi karbohidrat.

Hal ini membuat makanan menjadi pilihan karbohidrat yang sangat baik untuk pasien diabetes. Orang juga bisa menggunakan kacang-kacangan sebagai pengganti daging atau keju.

3. Buah-buahan

Beberapa buah memang mengandung kadar gula yang tinggi. Namun, gula dalam buah berbeda dengan gula tambahan yang biasanya ada dalam makanan dan minuman berpemanis.

Buah tetap mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, orang dengan diabetes tak disarankan menghindari asupan buah.

4. Gandum

Biji-bijian utuh dapat menjadi cara yang efektif bagi penderita diabetes untuk mengelola kadar gula darah. Biji-bijian seperti gandum memiliki tingkat GI atau indeks glikemik yang lebih rendah.

Asupan gandum juga akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, hingga mencegah makan berlebih.

5. Produk olahan susu

Produk olahan susu mengandung nutrisi penting, termasuk kalsium dan protein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu memiliki efek positif pada sekresi insulin di beberapa individu dengan diabetes tipe 2.

Anda bisa mengonsumsi keju parmesan, susu rendah lemak, dan yogurt rendah lemak sebagai asupan harian.

6. Daging ayam

Protein mempunyai peran penting untuk penderita diabetes. Sama halnya dengan makanan berserat tinggi dan tinggi lemak, protein lambat dicerna dan hanya menyebabkan sedikit peningkatan gula darah.

Daging ayam menjadi sumber protein terbaik untuk orang dengan diabetes. Bersama juga dengan salmon, sarden, tuna, dan ikan berminyak lainnya.

7. Ubi jalar

Kentang juga bisa menjadi makanan penangkal diabetes. Pilih ubi jalar yang memiliki serat ekstra.

Anda bisa mencampurnya dengan taburan kayu manis. Tak cuma menambah rasa manis, namun beberapa penelitian menemukan kayu manis dapat membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih baik.

Sumber : CNN [dot] COM