Pantas Facebook & Google Sewot ke Apple, Riset Ini Buktinya

0
406

Duopoli iklan digital Google-Facebook mungkin akan berakhir. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Appsumer, Apple mendapatkan momentum dalam iklan digital, sementara Google dan Facebook tampak kehilangan tenaga.

Penelitian, berdasarkan analisis anggaran iklan online dari lebih dari 100 perusahaan aplikasi konsumen yang berbeda, menemukan bahwa bisnis iklan Apple telah mendapat manfaat dari pembaruan privasi iOS utama perusahaan pada tahun 2021. Di mana aturan tersebut mempersulit perusahaan seperti Facebook untuk melacak pengguna di seluruh dunia.

Iklan pencarian Apple memungkinkan orang beriklan di App Store. Tingkat adopsi pengiklan untuk kuartal kedua naik hampir 4 poin persentase dari tahun sebelumnya menjadi 94,8%. Sedangkan adopsi Facebook turun 3 poin persentase menjadi 82,8%, dan tingkat Google turun 2 poin menjadi 94,8%.

Apple telah bergabung dengan duopoli Facebook dan Google di tabel teratas adopsi pengiklan.

Manajer Umum Appsumer Shumel Lais mengaitkan peningkatan posisi Apple dengan peningkatan jumlah pengembang aplikasi yang bersedia membayar banyak uang untuk meningkatkan unduhan.

Pada saat yang sama, pembaruan Transparansi Pelacakan Aplikasi (ATT) Apple telah membatasi jumlah aplikasi berbasis iklan data seperti Facebook yang dapat digunakan untuk membantu merek dengan kampanye iklan online mereka.

“Salah satu hal yang cukup menarik adalah batasan pengukuran ATT yang diterapkan pada jaringan yang lebih luas tidak sama dengan Apple,” kata Lais, dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (7/9/2022).

“Jadi bisa dibilang Apple memiliki visibilitas atau keunggulan sedikit lebih di saluran lain di iOS,” imbuhnya.

Peningkatan iklan online Apple untuk pengembang mencerminkan posisi Amazon dalam e-commerce, karena pengecer menghabiskan lebih banyak uang untuk mempromosikan produk mereka di situs yang mereka andalkan untuk pelanggan.

Dalam hal pengeluaran pengembang aplikasi secara keseluruhan untuk iklan online, yang disebut sebagai bagian dari dompet, Google tetap berada di urutan teratas dengan 34%.

Facebook berada di urutan kedua dengan 28%, diikuti oleh Apple dengan 15%. Amazon tidak terdaftar karena ia bukan termasuk platform untuk pengembang.

Angka-angka itu tidak semuanya buruk untuk Facebook. Pangsa dompetnya naik 4 poin menjadi 28% pada kuartal keempat, menunjukkan perusahaan media sosial tersebut mengalami beberapa tanda pemulihan.

Pada bulan Juli, perusahaan induk Facebook, Meta, melaporkan penurunan pendapatan kuartal kedua secara bertahap dan mengatakan penjualan akan turun lagi dari periode tahun lalu di kuartal ketiga.

Lais mengatakan Facebook mendapat manfaat dari iklan yang kebetulan, dibandingkan Google dan Apple, dengan menayangkan iklan berdasarkan istilah pencarian.

“Facebook masih memiliki properti yang sangat unik dan orang-orang berada dalam pola pikir di mana mereka berada dalam mode penemuan, jadi masih ada peluang di sana,” kata Lais.