9 Hal yang Dilakukan saat WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

0
397

WhatsApp terkadang mengalami kendala saat hendak digunakan. Salah satunya adalah aplikasinya tidak bisa dibuka. Hal tersebut tentu membuat pengguna tidak bisa menerima dan mengirim pesan.

Namun tenang saja, ada banyak cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka. Cara mengatasinya tergantung pada penyebabnya.

Penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka cukup beragam. Ada yang karena gangguan jaringan internet, sistem pengoperasian handphone (hp) maupun WhatsApp yang sudah tidak mendukung, maupun karena memori yang penuh.

Berikut 9 cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Periksa koneksi internet

Melansir situs resmi WhatsApp, salah satu penyebab aplikasi tidak bisa dibuka atau tidak terhubung karena hp tidak tersambung dengan internet.

Untuk itu, coba periksa lagi koneksi internet Anda. Mulai dari jaringan internet dari paket data operator sampai koneksi wifi. Pastikan pula jaringan internet dari berbagai sumber tersebut stabil atau dalam keadaan yang baik.

2. Restart hp

Jika aplikasi WhatsApp masih tidak bisa dibuka padahal jaringan internet stabil, cobalah untuk memuat ulang alias restart hp Anda.

Sebab, mungkin saja sistem operasi hp penuh, sehingga gagal bekerja maksimal, termasuk untuk membuka atau mengoperasikan sistem WhatsApp. Untuk itu, restart hp Anda agar pengoperasian sistem hp dimulai ulang.

3. Pakai VPN

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka selanjutnya dengan memakai jaringan virtual pribadi (Virtual Private Network/VPN).

VPN merupakan perangkat lunak (software) yang memungkinkan penggunanya terhubung dengan layanan internet pribadi, misalnya ke jaringan di luar negeri.

Dengan VPN, pengguna seolah menjalankan operasi WhatsApp di negara lain yang mungkin jaringan internetnya lebih cepat dan bebas, sehingga bisa membuka layanan WhatsApp.

4. Hapus data WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp  (AP/Patrick Sison)

WhatsApp juga bisa tidak terbuka karena data yang tersimpan di aplikasi terlalu banyak. Hal ini bisa membuat sistem operasi WhastApp jadi lambat, bahkan aplikasi jadi tidak bisa dibuka.

Untuk itu, Anda sebaiknya menghapus data di WhatsApp. Khususnya data dengan kapasitas besar. Misalnya, beberapa dokumen berformat pdf.

Begitu juga dengan foto dan video yang berdurasi panjang. Biasanya, file akan memakan memori dalam jumlah besar.

Caranya, buka ‘Settings’ di WhatsApp. Lalu, pilih ‘Storage and Data’. Kemudian, pilih ‘Manage Storage’ dan sortir data Anda di WhatsApp.

Data yang berukuran besar dan sudah tidak terpakai, bisa Anda hapus. Begitu juga data-data percakapan yang sudah tidak penting lagi, bisa dihapus.

5. Hapus cache WhatsApp

Selain menghapus data, Anda juga bisa menghapus cache di aplikasi tersebut. Cache merupakan data sementara yang muncul karena pengoperasian WhatsApp.

Berikut cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka di iPhone melalui penghapusan cache. Pertama, tuju menu ‘Settings’. Kedua, pilih ‘General’. Ketiga, pilih ‘iPhone Storage’.

Keempat, pilih aplikasi WhatsApp. Kelima, pilih ‘Offload App’. Hal ini akan membuat aplikasi WhatsApp terhapus dari hp Anda, namun tidak menghilangkan data penting yang sudah disimpan.

Selanjutnya, Anda tinggal mengunduh ulang aplikasi WhatsApp di App Store. Ketika aplikasi diunduh kembali, berbagai datanya aman dan tidak hilang.

6. Bersihkan memori hp

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka juga bisa dengan membersihkan atau mengosongkan memori hp dari file-file yang tak diperlukan. Sebab, terkadang memori hp yang terlalu penuh juga menghambat kinerja pengoperasian sistem hp, termasuk untuk membuka WhatsApp.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuka galeri foto dan video, rekaman, sampai aplikasi yang sudah tak terpakai. Dengan begitu, tersedia ruang memori yang lebih lega untuk pengoperasian sistem hp.

7. Update software hp

Aplikasi WhatsApp terkadang juga tidak bisa dibuka jika versi software hp sudah terlalu lama. Pasalnya, hal ini membuat sistem operasi hp jadi lambat, sehingga membuat WhatsApp tidak bisa dibuka.

Untuk itu, segera perbaharui (update) software hp Anda menjadi versi terbaru agar sistem operasi hp jadi lancar kembali termasuk dalam menjalankan aplikasi yang dipakai.

6. Update WhatsApp

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan update versi WhatsApp yang digunakan. WhatsApp dengan versi lama mungkin tidak memberikan kinerja maksimal dalam pengoperasian aplikasi.

Untuk itu, Anda bisa meng-update WhatsApp menjadi versi terbaru. Caranya, tuju App Store atau Google Play Store kemudian update versi aplikasi.

9. Instal ulang WhatsApp

Terkadang WhatsApp tidak bisa dibuka setelah update. Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka bisa dengan meng-instal ulang aplikasi.

Caranya mudah, hanya perlu menuju App Store atau Google Play Store, lalu uninstall, kemudian instal lagi. Bisa juga melalui menu ‘Pengaturan’ hp, lalu tuju aplikasi WhatsApp, lalu uninstall dan instal lagi.

Sumber : CNN [dot] COM