Bruntusan merupakan bintik-bintik kecil yang menonjol di permukaan kulit sehingga membuat tekstur kulit tidak merata. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya menggunakan masker alami untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

Tidak hanya cukup ampuh menghilangkan bruntusan, masker yang terbuat dari bahan alami juga baik untuk kesehatan kulit wajah.

Anda juga dapat membuat masker tersebut sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami rumahan yang mudah ditemukan.

Penggunaan masker alami juga cukup aman dan terhindar dari efek samping yang biasanya terdapat dalam pengobatan medis.

Masker Alami untuk Menghilangkan Bruntusan
Berikut ini sejumlah masker alami yang bisa Anda buat untuk menghilangkan bruntusan, yang dilansir dari Healthline.

1. Cuka apel

Cuka apel mampu melawan banyak jenis bakteri dan jamur. Hal itu karena cuka dari sari apel ini mengandung asam organik, seperti asam sitrat.

Asam sitrat sendiri dapat membunuh P. acne yakni bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, cuka apel juga dapat mengobati jerawat dan bruntusan.

Anda bisa menjadikan cuka apel sebagai bahan alami masker, cukup dengan mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah-langkah tersebut secara rutin.

2. Madu dan kayu manis

Kombinasi madu dan kayu manis dapat dijadikan masker alami untuk mengatasi bruntusan. Sifat anti-inflamasi pada madu dan kayu manis diyakini dapat membantu menghilangkan jerawat atau bruntusan.

Adapun caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis bubuk. Aduk hingga merata sampai membentuk pasta.

Kemudian aplikasikan masker ini pada wajah selama 10-15 menit atau hingga benar-benar kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan tepuk-tepuk menggunakan handuk sampai mengering.

3. Tea tree oil

Tea tree oil juga dapat digunakan sebagai bahan alami masker untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Minyak yang satu ini mengandung antibakteri yang mampu mencegah infeksi bakteri dan mempercepat proses hilangnya bruntusan.

Cara untuk membuat masker ini adalah dengan mencampurkan 1-2 tetes ekstrak tea tree oil dengan setengah gelas air.

Kemudian celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan ke area di wajah yang terdapat bruntusan. Setelah itu, Anda dapat mengoleskan pelembap jika diinginkan. Ulangi proses ini 1-2 kali sehari, sesuai kebutuhan.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang cukup efektif mengatasi bruntusan. Cara membuat masker teh hijau adalah dengan menyeduh teh hijau selama 3-4 menit.

Setelah teh dingin, celupkan bola kapas dan oleskan perlahan ke kulit wajah. Anda juga dapat menuangkannya ke dalam botol dan menyemprotkannya ke wajah secara langsung.

Biarkan hingga air seduhan teh mengering dengan sendirinya di wajah lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang dapat membantu menghilangkan bruntusan pada wajah. Cara membuat masker dari lidah buaya sendiri cukup mudah.

Ambil gel lidah buaya menggunakan sendok kemudian oleskan gel tersebut langsung ke kulit wajah. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukannya sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

6. Tomat

Tomat juga dapat dijadikan sebagai masker alami untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Sebab sayuran yang satu ini mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Anda dapat mengaplikasikan tomat yang sudah dihaluskan atau diiris secara rutin pada wajah yang bruntusan. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

7. Lemon

Lemon mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit dan dapat dimanfaatkan menjadi masker untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

Cara membuat masker lemon adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan putih telur.

Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit hingga mengering. Setelah kering, bilas wajah hingga bersih.

Demikian beberapa cara membuat masker alami untuk menghilangkan bruntusan. Selamat mencoba.