Cara Mendidik Anak Agar Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

0
342

Cara mendidik anak tiap keluarga tentu berbeda. Namun, banyak pihak yang memformulasikan untuk membentuk karakter anak supaya bisa sukses di masa depan.

Terutama terkait dalam pengambilan keputusan dan hal penting lainnya yang kelak berguna di masa depan.

Dasar ini tertuang dalam buku terbaru Margot Machol Bisnow, Raising an Entrepreneur: How to Help Your Children Achieve Their Dreams.

Penulis dan pakar pengasuhan anak asal Amerika Serikat (AS) itu mewawancarai 70 orang tua yang membesarkan anak hingga menjadi orang dewasa yang sangat sukses.

 Secara umum, komunikasi orang tua memainkan peran besar dalam membentuk anak di masa depan. Berikut 4 tips mendidik anak agar sukses, menurut buku Margot Machol Bisnow.

1. Tidak Pernah Mengabaikan Literasi Keuangan

Orang tua bisa mengajarkan untuk menyimpan uang, dan memberikan pelajaran untuk menghargai nilai uang.

2. Tidak Pernah menganggap hobi anak sebagai buang waktu

Dari orang tua yang diwawancarai Bisnow mengatakan mereka tidak pernah menganggap hobi anak mereka buang waktu. Para orang tua sadar hobi seperti olah raga, video game, debat, musik, hingga mengamati burung dapat membuat anak aktif secara mental.

3. Tidak pernah mengutamakan uang atau gelar bergaji tinggi di atas kebahagian

Bisnow tidak menentang gelar akademis dan profesional. namun gelar mungkin pemborosan waktu dan mahal bagi anak jika tidak sesuai dengan minat mereka

4. Tidak pernah membuat semua pilihan untuk anak

Orang tua acapkali terus membuat keputusan untuk anak. Namun orang tua dengan anak yang sukses bisa menahan godaan itu.