Mengenal Gunung Sanggabuana Karawang, Lokasi Ditemukan Ular Naga

0
571

Penemuan ular naga di kawasan sekitar Gunung Sanggabuana, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Sabtu (29/10/2022) malam WIB menyita perhatian publik.

Lokasi tepatnya penemuan itu berada di wilayah Curug Cikolengangkak, Pegunungan Sanggabuana. Adalah Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) yang menemukan ular naga Jawa.

Divisi Konservasi Keanekaragaman Hayati SCF, Deby Sugiri, menjelaskan, penemuan ular naga Jawa atau yang memiliki nama latin xenodermus javanicus itu adalah hasil eksplorasi.

Selanjutnya, kata Deby, akan dikaji dalam bahan usulan mengenai perubahan status Pegunungan Sanggabuana menjadi kawasan pelestarian alam berbentuk Taman Nasional.

Ular naga yang selama ini dianggap hewan mitologi ternyata ada di kehidupan nyata. Tapi jangan salah ya, ular naga Jawa ini tidak bisa terbang dan tidak punya sayap seperti yang digambarkan di film-film.

Ular naga Jawa ini juga tidak mampu mengeluarkan api dari mulutnya seperti mitos-mitos yang muncul. Ular naga Jawa yang ditemukan ukurannya sepanjang 50 cm dan merupakan satwa endemik Jawa.

Ular naga Jawa di Pegunungan Sanggabuana, Karawang

Kawasan sekitar Gunung Sanggabuana menyimpan berbagai satwa. Selain ular naga jawa, macan tutul jawa juga sempat terekam kamera muncul di area gunung yang memiliki ketinggian 1291 meter di atas permukaan laut itu.

Gunung Sanggabuana juga sering menjadi menjadi tujuan mereka yang hobi naik gunung. Tidak sedikit wisatawan yang tertarik menjajal trek Gunung Sanggabuana sambil melihat pesona alamnya yang indah.

Objek wisata Gunung Sanggabuana berlokasi di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kamu juga bisa melihat situs bersejarah di kawasan gunung ini seperti, Situs Kebon Jambe, Pancuran Kejayaan, Komplek Ma Paraji Sakti, Makom Pandai Domas, dan Makom Eyang Jagaraksa.

Selain itu, ada juga Campground UBP Cigolonsor di Gunung Sanggabuana, yang memungkinkan kamu untuk camping di lokasi ini. Bagaimana, tertarik kan melihat ular naga sambil camping di Gunung Sanggabuana?

Sumber : CNN [dot] COM