Panduan Nonton Langsung Piala Dunia 2022, Sudah Siap Pergi ke Qatar?

0
373

Sekitar 1,2 juta orang diperkirakan akan membanjiri Qatar selama penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2022 yang bakal dimulai bulan ini. Penggemar sepak bola dari seluruh dunia siap datang ke Qatar.

Sebanyak 32 tim nasional ambil bagian dalam turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia ini. Semua mata di seluruh penjuru dunia bakal tertuju ke Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Seperti dilansir AP, diperkirakan sebanyak setengah juta orang mungkin berada di Qatar setiap hari selama puncak turnamen. Jika kamu juga berniat untuk datang langsung menyaksikan Piala Dunia 2022, kamu perlu tahu panduan menuju ke salah satu negara di Timur Tengah tersebut.

Qatar telah menjadi pusat perhatian perjalanan udara di dunia, berkat penerbangan jarak jauh Qatar Airways. Maskapai ini menawarkan pilihan penerbangan, hotel dan tiket yang disesuaikan untuk pelanggannya.

Pembukaan Piala Dunia 2022 dilangsungkan pada 20 November mendatang di ibu kota Qatar, Doha. Apabila ingin tiba di sana untuk menyaksikan upacara pembukaan, tentu kamu setidaknya harus membeli tiket untuk penerbangan tanggal 19 November 2022.

Menurut pantauan CNNIndonesia di Online Travel Agent, untuk penerbangan Qatar Airways Bandara Soekarno-Hatta menuju Doha pada 19 November 2022 ada dua jadwal.

Jadwal penerbangan Qatar Airways pada 19 November 2022 yang pertama pukul 8.45 WIB dengan harga tiket pesawat Rp24,3 juta, lalu penerbangan Qatar Airways kedua di hari yang sama adalah pukul 18.20 WIB dengan harga tiket Rp27,2 juta.

Penerbangan Jakarta-Qatar bersama Qatar Airways memakan waktu 8 jam 50 menit. Sebenarnya ada beberapa maskapai lain yang menawarkan rute Jakarta-Doha, namun hanya Qatar Airways yang penerbangannya nonstop alias tanpa transit.

Ketika tiba di Bandara Internasional Hamad Doha, Qatar, penumpang akan melewati pemeriksaan imigrasi dan bea cukai sebelum berangkat ke kota. Tapi harap dicatat, untuk menonton Piala Dunia 2022, kamu harus memenuhi persyaratan.

Sebelum berangkat ke Qatar untuk nonton Piala Dunia 2022, kamu harus mengantongi tiket pertandingan dan Kartu Hayya. Jangan lupa booking hotel selama di Qatar.

Perhatikan bahwa selama turnamen, Qatar tidak akan mengeluarkan visa normal dan mereka yang datang untuk pertandingan harus memiliki Kartu Hayya yang dikeluarkan Qatar.
Kartu tersebut memverifikasi bahwa kamu memiliki tempat tinggal selama berada di Qatar atau akan melakukan perjalanan hanya untuk pertandingan yang kamu tonton di sana. Jika kamu berpikir untuk mengemudi, perlu diingat bahwa Qatar cuma punya satu perbatasan darat, yakni dengan Arab Saudi.

Soal aturan protokol kesehatan di Qatar terkait Covid-19, Qatar telah memiliki regulasi ketat terkait perjalanan, tetapi aturan itu dilonggarkan sejak 1 November 2022. Qatar meniadakan persyaratan tes PCR sebelum kamu terbang ke negara itu. Kamu juga tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pelacakan kontak Qatar, Ehteraz.

Saat kamu sudah melewati imigrasi dan keluar dari bandara, ada beberapa pilihan transportasi untuk mengelilingi Qatar. Ada taksi Mowasalat yang siap mengangkut penumpang di tepi jalan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Uber di Qatar.

Mowasalat juga menjalankan layanan bus di bandara. Doha juga memiliki layanan metro yang baru dibangun, yang akan membawa kamu dari bandara ke sebagian besar wilayah di ibu kota. Metro juga terhubung ke trem yang sekarang beroperasi di Kota Lusail.

Kamu juga dapat menyewa mobil di bandara, meskipun para pejabat Qatar mendesak pengunjung yang datang untuk Piala Dunia menggunakan angkutan massal. Pada hari pertandingan, angkutan umum akan gratis bagi mereka yang memegang tiket.

Perlu diingat bahwa mata uang riyal Qatar lebih tinggi dari rupiah. Jika dikonversi, 1 riyal Qatar setara dengan Rp4.297 (harga 7 November 2022). Untuk penginapan atau hotel di Qatar, harga per malamnya melonjak selama penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Sebagian penginapan saat ini juga sudah terisi selama turnamen berlangsung. Berdasarkan pantauan di Online Travel Agent, biaya menginap per malam di hotel sekelas bintang 3 mulai dari Rp5,4 juta.

Sumber : CNN [dot] COM