Ibu negara, Iriana Jokowi sempat terpeleset di tangga pesawat saat tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali. Iriana juga langsung ditolong suaminya, Jokowi yang berada di sampingnya saat itu.
Meskipun sempat terpeleset, kondisi Iriana disebut baik-baik saja. Dia juga masih bisa mengikuti berbagai kegiatan selama forum G20 digelar.

Terpeleset memang bisa dialami siapa saja. Bukan hanya di tangga pesawat, di kamar mandi, dapur atau bahkan jalanan Anda bisa terpeleset.

Saat terpeleset, cedera ringan maupun parah bisa terjadi. Penting untuk memerhatikan pertolongan pertama saat ada yang terpeleset di sekitar Anda.

Berikut pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada orang terpeleset:

1. Jangan buru-buru dan panik

Melihat orang terpeleset memang mengejutkan. Tapi Anda jangan panik dan bertindak gegabah.

Menukil laman Rumah Sakit Royal Progres, saat Anda berusaha membantu memindahkan korban berhati-hatilah dan jangan panik. Sebab Anda tidak tahu seberapa parah cedera yang dialami korban.

2. Pastikan keadaan korban

Saat terpeleset, biasanya yang terjatuh lebih dulu adalah tubuh bagian belakang. Posisi ini sangat berbahaya bagi tulang belakang.

Anda harus memastikan apakah tulang belakang korban aman. Anda juga harus mencari tahu kemungkinan cedera di bagian tubuh lainnya.

3. Batasi pergerakan korban

Menukil laman EMC Healthcare, buat korban dalam posisi nyaman. Istirahatkan kaki atau bagian yang cedera saat terpeleset.

4. Kompres

Berikan kompres pada bagian tubuh yang cedera. Bisa dengan air hangat atau dingin. Kompres bisa mengurangi bengkak pada bagian tubuh setelah terpeleset.

5. Hubungi rumah sakit

Segera hubungi atau bawa korban ke rumah sakit. Hal ini dilakukan agar korban bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Itulah lima langkah pertolongan pertama pada orang yang terpeleset.