Singapura menjadi pasar kopi potensial indonesia di kawasan ASEAN

0
1036

Untuk ketiga kalinya, Indonesia menjadi peserta pameran Cafe Asia di Singapura. Sekitar 28 negara turut serta, pun 180 perusahaan dan enam ribu pelaku usaha di bidang restoran dan kafe.

Keikutsertaan Indonesia ini ditunjukkan dengan hadirnya Pavilion Indonesia yang memamerkan 10 produk kopi asli Indonesia, antara lain Mandhailing Coffee, Kerinci Coffee, dan Bawadi Coffee.

Sejak dibuka pada Sabtu 23 Maret kemarin, Pavilion Indonesia tak pernah sepi oleh pengunjung, baik dari warga sipil maupun pelaku usaha serta investor.

Dilihat dari antusias yang didapat pada pameran tersebut, Indonesia berpeluang menjadi usaha bisnis biji kopi di Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir pun Indonesia menjadi merupakan ekportir biji kopi terbanyak ke Singapura.

Melihat tingginya tingkat konsumsi kopi di Singapura dibandingkan negara ASEAN lainnya, diharapkan dapat mendorong kedai kopi Indonesia untuk membuka gerai di Singapura dengan menyajikan biji kopi terbaik dari berbagai daerah di Tanah Air.