5 Pegawai Startup Paling Dicari serta Kisaran Gajinya

0
404
woman-startup

Pekerja teknologi informasi menjadi sumber daya manusia yang banyak dibutuhkan di perusahaan teknologi. Karena itu, talenta digital di bidang rekayasa perangkat lunak juga digaji paling tinggi oleh startup dan big tech.

Laporan bertajuk Growth & Scale Talent Playbook yang diluncurkan oleh firma modal ventura Alpha JWC Ventures bersama konsultan global Kearney and platform rekrutmen GRIT, mengkaji gaji dan ketersediaan sumber daya manusia di bidang teknologi.

Pekerjaan di bidang teknologi konon katanya sedang banyak dicari, seiring dengan kemajuan zaman dan kebutuhan perusahaan menuju digital. Tidak heran kalau gaji yang ditawarkan cukup besar dibanding bagian non-teknologi. Lalu berapa sih gajinya? dan profesi apa saja yang paling banyak dibutuhkan?

Salah satu bahasan dalam laporan ini termasuk lima peran digital yang diminati lengkap dengan gaji rata-rata tahunan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Dalam laporan tersebut, terlihat karyawan AS memiliki gaji paling tinggi dibanding negara Asean dan Uni Eropa. Gaji bagian Cyber Security, profesi IT dengan rata-rata gaji tertinggi, mencapai US$124 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar per tahun.

Profesi lainnya juga punya standar yang tinggi seperti DevOps US$113 ribu, UI/UX US$ 90 ribu, Data Scientist US$116 ribu, Software Engineer US$112 ribu.

Di Uni Eropa profesi di bidang Cyber Security meraih US$ 98 ribu per tahun, DevOps US$79 ribu, UI/UX US$71 ribu, Data Scientist US$101 ribu, dan Software Engineer US$84 ribu per tahun.

Standar gaji tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata gaji pegawai startup di Indonesia.

  1. Software Engineer, dilaporkan mendapatkan gaji rata-rata tahunan US$ 25 ribu atau sekitar Rp 390 juta.
  2. DevOps mengantongi gaji rata-rata per tahun mencapai US$12 ribu atau sekitar Rp 187 juta.
  3. Data Scientist, dengan rata-rata gaji US$11 ribu atau Rp 171 juta per tahun.
  4. Cyber Security juga mendapatkan penghasilan tahunan rata-rata US$11 ribu atau Rp171 juta.
  5. UI/UX dengan gaji rata-rata US$9 ribu atau sekitar Rp 140 juta per tahun